7 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Lemot Hanya Dalam Waktu Sekejap

7 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Lemot Hanya Dalam Waktu Sekejap – Siapa sih yang gak kenal Android? Sistem operasi yang satu ini memang merupakan yang paling mendominasi berbagai smartphone di dunia. Smartphone Android bisa dibilang sebagai ponsel sejuta umat lantaran hampir semua orang menggunakan samrtphone yang satu ini, bahkan mungkin termasuk Sobat sendiri. Lalu, pernahkah Sobat mengalami hal dimana smartphone terasa lemot atau lambat saat digunakan? Kalau iya, maka Sobat harus menyimak ulasan yang satu ini.

Tips Mengatasi Smartphone Lemot

Advertisement

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Android

Smartphone android yang lambat memang bikin jengkel, terlebih lagi kalau kita sedang seru-serunya menggunakan smartphone. Sebenarnya, penyebab dari menurunnya performa atau dengan kata lain lambatnya kinerja smartphone android disebabkan oleh beberapa hal. Bisa karena sistem yang ada sudah terlalu penuh, smartphone yang terlalu lama digunakan atau bahkan umur smartphone yang sudah tua. Ketahui dulu penyebab dari lambatnya kinerja smartphone, baru kemudian kita bisa mengatasi smartphone android yang lambat tersebut.

Penyebab Smartphone Android Lemot

Secara keseluruhan, ada beberapa penyebab utama kenapa smartphone android mengalami penurunan kinerja atau lambat. Sebab-sebab itu antara lain:

1. Kapasitas RAM

Smartphone android pastilah dibekali dengan RAM yang kapasitasnya berbeda-beda di tiap smartphone. Ada yang punya kapasitas 512 MB, 1 GB, 1.5 GB, 2 GB, 3, GB dan seterusnya. RAM merupakan salah satu sektor yang biasanya jadi penyebab smartphone menjadi lemot. Seperti yang kita tahu, banyaknya aplikasi yang kita jalankan pada smartphone akan langsung berhubungan dengan RAM. Jadi, semakin banyak aplikasi yang kita jalankan, maka membuat memori pada RAM semakin sedikit. Untuk mengetahui kapasitas memori yang tersisa pada RAM Sobat bisa cek pengaturan smartphone masing-masing ataupun dengan langsung masuk ke Task Manager.

2. Sistem Operasi

Dari awal dibuat, android sudah memiliki banyak versi dari mulai Astro (versi paling pertama android) sampai dengan yang terbaru saat ini Marshmallow. Periksa terlebih dahulu versi berapakah yang digunakan pada smartphone sobat. Untuk bisa mengetahui versi dari sebuah smartphone android caranya adalah dengan masuk ke Setting > About Phone > Device Information > Android Version. Cara tersebut mungkin berbeda untuk tiap-tiap smartphone.

3. Memori Eksternal

Sudah gak heran lagi saat ini sudah banyak memori eksternal yang tersedia di pasaran dengan ukuran dan merek yang bervariasi. Penentu bagus tidaknya suatu memori eksternal gak cuma dari merek serta kapasitas yang dibawa, tapi juga dari jenis atau kelas dari memori itu sendiri. Kelas yang ada dalam memori eksternal meliputi kelas 6, 8, atau 10. Tentunya penggunaan kelas yang lebih tinggi membuat kemampuan memori semakin baik.

Cara Mengatasi Android Lemot atau Lambat

1. Pantau Kondisi RAM

Memantau disini adalah berarti selalu memperhatikan kapasitas RAM pada smartphone. RAM bisa mengalami penurunan memori dikarenakan banyaknya aplikasi yang berjalan. Dengan banyaknya aplikasi yang Sobat jalankan maka berdampak pada sedikitnya memori yang tersisa sehingga membuat smartphone jadi lemot. Untuk mengatasinya, tap tombol task manager serta tutup semua aplikasi yang tidak di pakai dan rasakanlah perbedaannya.

2. Update Sistem Operasi

Sistem operasi juga menjadi penyebab mengapa smartphone menjadi lemot. Penggunaan sistem operasi dengan versi yang rendah atau out of date bisa berdampak pada kinerja smartphone. Pasalnya saat ini berbagai aplikasi sudah harus menggunakan rata-rata android 5 ke atas supaya sistem bisa berjalan dengan optimal. Kalau Sobat pengguna smartphone dengan versi android Froyo dan menjalankan aplikasi terkini maka kemungkinan smartphone akan menjadi lambat atau tidak optimal.

3. Pindahkan Data Ke microSD

Memori internal dan eksternal merupakan hal yang saling berkaitan. Penuhnya kapasitas pada memori internal akan berdampak pada lemotnya smartphone. Untuk menyiasatinya Sobat bisa memindahkan aplikasi yang ada pada memori internal ke memori eksternal. Yang jadi perhatian disini adalah kelas atau jenis yang dimiliki oleh sebuah memori eksternal. Kelas itu sendiri biasanya terdiri dari kelas 6, 8, atau 10. Seringkali kita menginstal aplikasi dan menyimpan sistem aplikasi tersebut di memori eksternal. Saat kita menggunakan memori eksternal dengan kelas yang lebih kecil, misalnya kelas 6, dan kita menjalankan aplikasi dengan data rate yang tinggi, maka memori tersebut akan kewalahan dalam mentransfer data sehingga menyebabkan melambatnya kinerja smartphone. Jadi disarankan untuk memilih memori eksternal dengan kelas yang paling tinggi atau besar karena semakin besar kelas pada memori eksternal maka akan semakin bagus pula data rate atau kemampuan baca dan transfer data pada memori itu sendiri.

4. Bersihkan Junk Secara Berkala

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah banyaknya junk atau file sampah yang menumpuk pada smartphone. Sampah sampah tersebut tercipta akibat aktivitas kita menjalankan aplikasi. Pada smartphone dan komputer, ketika kita menjalankan suatu aplikasi atau software maka akan meninggalkan suatu jejak. Jejak itulah yang disebut dengan junk. Dengan banyaknya junk  atau sampah yang ada pada sistem, maka akan membuat kinerja smartphone menjadi lemot. Untuk mengatasinya Sobat bisa membersihkan smartphone secara rutin bisa dengan cara menggunakan Clean Master atau tool recovery lainnya.

5. Gunakan Antivirus

Sama halnya seperti komputer, smartphone android yang Sobat punya pun bisa terserang virus. Karena sifatnya yang selalu terhubung dengan jaringan internet membuat berbagai virus bisa masuk dengan mudah dan mengacaukan sistem pada smartphone. Jika sudah begitu, maka smartphone pun terasa lemot. Untuk mengatasinya gunakan antivirus yang memiliki kualitas bagus misalnya AVG atau MCAfee dan selalu scan smartphone secara berkala untuk meminimalisir serangan virus.

6. Hindari Menggunakan Live Wallpaper

Live wallpaper memanglah menarik karena bisa mempercantik tampilan smartphone Sobat. Tapi, penggunaan live wallpaper juga punya dampak negatif diantaranya adalah kinerja ponsel yang berat karena memakan banyak kapasitas RAM sehingga smartphone pun jadi lemot. Selain itu live wallpaper juga membuat smartphone menjadi lebih boros baterai. Untuk mengatasinya gunakan saja wallpaper biasa atau statis, walupun tampilannya sederhana tapi bakal membuat ponsel semakin responsif.

7. Atur Waktu Penggunaan Smartphone

Sudah menjadi kebiasaan masyarakat di seluruh dunia dimana terus menerus menggunakan smartphone tanpa dibarengi dengan jeda untuk smartphone itu sendiri. Smartphone yang dipakai terus menerus akan menyebabkan hardware menjadi panas. Jika itu sudah terjadi, maka kinerja smartphone pun jadi lemot. Untuk mengatasinya matikan smartphone secara berkala, bisa dengan 30 menit sampai 2 jam tiap harinya supaya hardwarenya lebih awet. Selain itu, sewaktu Sobat men-charge smartphone disarankan smartphone dalam keadaan mati.

Incoming search terms:

  • oppo a37 lemot
  • meizu m3s lemot
  • cara agar handphone oppo a37 tidak lemot
  • cara agar ponsel tidak lemot oppo a 37
  • kenapa hp lenovo vibe c sangat lemot
  • cara mengatasi hp oppo lambat
  • cara mengatasi oppo A37 lemot
  • cara mengatasi hp oppo a37 lemot
  • hp oppo A37 lalod
  • hp nyala lama makin lemot cara mrmperbaiki lenovo vibe c
7 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Lemot Hanya Dalam Waktu Sekejap | ikbal fauzi | 4.5