Mau Baterai Awet? Ikuti Cara Charge Baterai Smartphone Yang Baik dan Benar Berikut

Baterai pada ponsel memegang peranan yang penting banget. Tanpa kehadiran komponen tersebut sudah dapat dipastikan suatu ponsel atau smartphone tidak dapat digunakan meski menunggu sampai kiamat sekalipun, hehehe. Setiap orang  khususnya para gadget holic tentunya menginginkan sebuah baterai dengan kapasitas yang besar supaya perangkat kesayangan mereka bisa “hidup” lebih lama. Terlebih di zaman sekarang ini dimana rasanya kehadiran sebuah gadget atau smartphone dianggap sangat sakral lantaran semua info maupun aktivitas sebagian besar dilakukan melalui perangkat tersebut.

Cara Mengisi Charge Baterai Ponsel Yang Benar

Advertisement

Jika baterai pada smartphone habis apa yang Sobat lakukan? Tentunya langsung mencharge smartphone tersebut, dong. Tapi, apakah cara Sobat mengisi ulang alias men-charge smartphone sudah benar? Ya, cara atau kebiasaan kita dalam mengisi baterai smartphone ternyata sangat berpengaruh terhadap keawetan dan performa dari baterai itu sendiri. Seperti halnya yang disebutkan oleh Battery University dimana merupakan situs pembelajaran yang dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Cadex Electronics. Dalam info yang mereka berikan menyebutkan bahwa tata cara kita selama ini dalam mengisi ulang baterai ponsel ternyata salah dan itu berdampak pada menurunnya kualitas baterai. Lalu bagaimana cara yang benar untuk melakukan pengisian baterai smartphone? Simak tipsnya berikut ini.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Lemot Hanya Dalam Waktu Sekejap

1. Hindari Mengisi Baterai Hingga Kapasitas Full  

Selama ini kita memang selalu menginginkan baterai dengan kapasitas full alias terisi penuh supaya baterai tersebut lebih tahan lama sehingga kita lebih puas dalam menggunakan smartphone. Tapi ternyata kebiasaan kita selama itu adalah salah. Saat baterai terisi 100% alias penuh, maka akan menyebabkan voltase pada baterai terlampau tinggi, sehingga bakal menyebabkan baterai menjadi “stress”. Apalagi jika baterai pada smartphone sobat berjenis Li-Ion. Untuk menyiasatinya, Sobat bisa mengisi baterai hingga maksimal 90%-95% saja.

2. Segera Lepaskan Charger Saat Sudah 100%

Ini juga menjadi salah satu kebiasaan kita dimana tetap membiarkan charger menempel pada smartphone meskipun tau baterai sudah dalam keadaan full. Hal ini sangat tidak baik buat kesehatan baterai karena akan menyebabkan baterai memiliki tekanan yang terlampau tinggi. Logikanya bisa diibaratkan seperti ini, jika Sobat melakukan olahraga secara terus menerus tanpa istirahat meskipun tau bahwa tubuh Sobat sudah merasakan lelah, apa yang akan terjadi? Tubuh Sobat terutama otot tentunya mengalami keletihan luar biasa karena otot dalam keadaan yang sangat tegang karena terlalu di pressure. Hal ini juga sama seperti pada baterai ponsel. Dengan segera menghentikan proses charging ketika tahu kapasitas sudah full, maka membuat “otot” pada baterai lebih kendur. Seperti yang disebutkan oleh Battery University, “Saat sudah di-charge sepenuhnya, cabut smartphone dari perangkat charge. Ini akan mengendurkan ‘otot’ setelah ‘latihan berat’.

3. Charge Smartphone Beberapa Kali Dalam Sehari

Buat sebagian orang tindakan seperti itu tentunya sangat membuang-buang waktu dan tidak praktis. Selain itu, mencharge smartphone berulang-ulang dipercaya bisa membuat smartphone khususnya baterai jadi cepat rusak. Namun ternyata anggapan itu salah. Performa baterai justru jadi lebih bagus jika diisi secara berulang-ulang alias bertahap, daripada melakukan pengisian sekaligus dalam waktu yang lama dan kapasitas baterai langsung terisi full. Lalu masih menurut Battery University, waktu yang tepat untuk mengisi ulang baterai smartphone adalah saat dayanya sudah menunjukkan angka 10% dan jangan menunggu sampai smartphone mati karena sudah sama sekali kehabisan daya baterai.

Baca Juga: Ini Dia Cara Membuat Video 360 Derajat di Android Mudah dan Cepat

4. Jaga Baterai Agar Selalu Tetap Dingin

Nah, ini dia yang terpenting yaitu menjaga suhu baterai supaya tetap dingin. Sudah bukan jadi rahasia lagi, jika makin lama kita menggunakan smartphone dan semakin banyak aplikasi yang kita jalankan, maka membuat suhu perangkat jadi meningkat, gak terkecuali juga dengan baterai. Kalau smartphone Sobat sudah menunjukan gejala seperti itu, segera matikan smartphone lalu ambil baterainya dan diamkan selama beberapa saat sampai suhu baterai dan perangkat dingin kembali. Akan tetapi saat ini kebanyakan smartphone punya baterai tanam alias non-removable sehingga tidak bisa dibongkar pasang. Untuk menyiasatinya, Sobat cukup menonaktifkan smartphone sampai suhunya kembali normal.

Nah, itu dia tips mengenai cara charging ponsel yang baik dan benar. Ternyata, apa yang ktia lakukan selama ini jauh dari kata tepat, terutama saya sendiri, hehehe. Dengan adanya info ini diharapkan kita jadi lebih memperhatikan smartphone kesayangan sehingga nantinya smartphone yang kita miliki jadi lebih awet. Segera terapkan cara-cara tersebut dan rasakan perbedaannya. Selamat mencoba, Sob!

Incoming search terms:

  • cara mengisi baterai smartphone yang benar
  • cara charge baterai android yang benar
Mau Baterai Awet? Ikuti Cara Charge Baterai Smartphone Yang Baik dan Benar Berikut | ikbal fauzi | 4.5