9 Cara Mudah, Cepat, dan Jitu Mengetahui iPhone Asli Dan iPhone Palsu

9 Cara Mudah, Cepat, dan Jitu Mengetahui iPhone Asli Dan iPhone Palsu – iPhone, siapa yang gak tau tentang brand ponsel pintar satu ini? Kalau ada yang gak tau berarti kebangetan, Sob, he..he..he. Salah satu ponsel paling terkenal ini merupakan primadona dikalangan pengguna smartphone dunia. Kedigdayaan brand satu ini memang masih terus eksis sampai sekarang meskipun kita tahu saat ini sudah banyak banget smartphone-smartphone baru bermunculan. Akan tetapi, produk buatan Apple ini masih laris manis diserbu para konsumen loyalnya.

Kalau kita berbicara mengenai iPhone, maka kesimpulan yang bisa diambil adalah kecanggihan teknologi, performa dan namanya sendiri yang sangat prestisius. Ya, selain punya  performa jempolan, iPhone pun identik dengan kesan glamour karena punya desain dan namanya yang “menjual”. Maka gak heran smartphone satu ini masih kuat berdiri ditengah gempuran para kompetitor lain.

Baca Juga: 17 Tips Mudah dan Cepat Cara Cek Ponsel Samsung Asli Atau Palsu

Akan tetapi, ditengah eksistensi dari iPhone tersebut, ternyata banyak pihak-pihak yang pingin “ambil bagian” dengan cara memanfaatkan kepopuleran sang pabrikan Amerika. Caranya adalah tidak lain dan tidak bukan dengan membuat iPhone palsu atau biasa disebut dengan iPhone replika. Hal ini tentunya membuat rugi kedua pihak, terutama pihak produsen dan kita sendiri sebagai konsumen. Maraknya perdagangan iPhone saat ini memang semakin gak karuan dan para pembuatnya makin lihai dalam mengelabui para konsumen dengan membuat iPhone palsu yang sangat mirip dengan aslinya.

Untuk menanggulangi hal tersebut tentunya Sobat harus bisa membedakan mana iPhone asli dan palsu, baik itu secara fisik (eksterior) maupun secara interior. Nah, supaya Sobat bisa membedakannya, maka kali ini TeknoSoul akan memberikan tips mudah dalam membedakan iPhone asli dan iPhone palsu alias replika. Dengan adanya tips ini diharapkan menambah wawasan Sobat soal membedakan keaslian iPhone sehingga terhindar dari kecurangan para pedagang nakal. Ini dia caranya.

1. Perhatikan Secara Cermat Body iPhone

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Advertisement

Sekilas iPhone asli dan iPhone palsu tidak punya perbedaan yang siginifikan pada tampilan bodynya, sehingga dengan melihat secara sekilas pun tentu bakal sangat sulit. Akan tetapi coba Sobat pegang dan rasakan body iPhone tersebut. iPhone asli atau original, body atau casingnya tentu dibuat dengan material metal pilihan berkualitas tinggi. Berbeda dengan iPhone palsu atau replika dimana hanya menggunakan material plastik biasa. Dan jikalau pun iPhone palsu ada yang menggunakan material metal, pasti teksturnya masih berbeda dengan iPhone asli dimana tekstur permukaan bodynya lebih kasar dan terkesan murahan. Pokoknya beda deh, Sob.

2. iPhone Asli Mengambil Screenshot Menggunakan Kombinasi Tombol Home dan Lock

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Ciri khas dari iPhone adalah pengambilan gambar screenshot dengan mengandalkan tombol Home dan Lock. Kalau Sobat mau tau iPhone tersebut asli atau palsu maka coba saja cara satu ini. Dengan menekan secara bersamaan tombol Home dan Lock, nantinya ponsel akan otomatis mengambil gambar screenshot. Berbeda dengan iPhone palsu alias abal-abal yang tidak punya fitur tersebut. Jika ada iPhone yang mengambil gambar SS selain menggunakan cara tersebut, maka udah bisa dipastikan iPhone tersebut palsu. Tapi, saat ini bukan gak mungkin para pembuat iPhone palsu lebih pintar dalam merancang produknya sehingga punya fitur seperti itu. Supaya lebih aman silahkan Sobat baca tips selanjutnya.

3. Cek Menyeluruh Spesifikasi iPhone

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Spesifikasi adalah hal yang harus diperhatikan betul-betul saat Sobat membeli iPhone. Supaya Sobat lebih yakin dengan iPhone tersebut, cek dulu kameranya, apakah hasil gambarnya buram atau tidak. Kalau buram berarti iPhone tersebut patut dicurigai. Lalu cek spesifikasi lainnya seperti RAM atau memori internal. Saat ini iPhone memang didominasi dengan kapasitas memori internal 16, 32, dan 64 GB. Kalau Sobat menemukan iPhone dengan memori internal 8 GB atau bahkan mungkin 4 GB, mendingan langsung lempar aja itu iPhone nya Sob, he..he..he.

4. Cermati Tampilan Layar

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Baca Juga: iPhone SE Harga dan Spesifikasi, Ponsel Premium 4 Inchi RAM 2 GB

Kalau cara ini memang harus menggunakan alat pembantu khusus, Sob. Pasalnya yang harus Sobat lihat dan cermati adalah pixel pada layar iPhone. iPhone asli tentu tampilannya lebih jernih karena menggunakan teknologi Retina Display. Dengan teknologi tersebut membuat layar memiliki kepadatan pixel yang tinggi dengan membawa ukuran pixel yang lebih kecil. Berbeda dengan iPhone palsu dimana jarang pixel satu dengan yang lain lebih lebar dan juga ukuran pixel yang lebih besar. Tapi buat melakukan hal ini tentunya Sobat harus menggunakan alat kaca pembesar.

5. Coba Hubungkan Dengan iTunes

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

iTunes merupakan sebuah layanan yang dikembangkan oleh Apple khusus pengguna iPhone sebagai salah satunya. Layanan ini memungkinan Sobat para iPhone Mania untuk memutar, mengorganisasi dan membeli lagu-lagu original. Kesemua iPhone asli tentu memiliki kemampuan untuk langsung terhubung dengan layanan ini dimana layanan tersebut akan bisa langsung mendeteksi dan mengenali iPhone yang terhubung lewat berbagai data-data yang ada didalam sistem iPhone tersebut. Berbeda dengan iPhone palsu dimana walaupun mencoba sekuat apapun tidak akan bisa untuk masuk ke iTunes.

6. Cek Apakah Ada App Store

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Cara selanjutnya adalah dengan mengecek adanya aplikasi App Store. Aplikasi ini merupakan aplikasi bawaan dimana memungkinkan penggunanya mendownload berbagai aplikasi yang telah disediakan khusus untuk pengguna iPhone. Saat ini marak ditemukan iPhone palsu dengan membawa aplikasi Play Store, yang lucunya dimana kita tahu aplikasi ini merupakan aplikasi khusus pengguna Android. Jika Sobat gak menemukan aplikasi App Store dan justru menemukan Play Store, maka bisa dipastikan iPhone itu palsu. Namun ada juga pabrikan iPhone palsu yang membuat aplikasi Play Store namun dikemas dengan tampilan menu mirip seperti App Store. Jika sudah begitu, coba Sobat masuk ke dalam aplikasi tersebut, jika nantinya akan diarahkan ke aplikasi-aplikasi khusus Android maka itu adalah iPhone palsu.

7. Tampilan Antar Muka Yang Responsif

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Kita tentu tahu bahwa iPhone punya performa yang responsif dan gesit ketika kita mengoperasikannya. Saat kita masuk dan keluar dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya, tampilan yang Sobat lihat begitu halus dan responsif.  Begitu pun saat kita melakukan slide pada menunya, dimana untuk iPhone asli gerakannya begitu smooth. Kalau iPhone palsu alias KW kebalikannya, Sob. Pergerakan tampilan saat kita masuk ke aplikasi atau menggeser menu terasa lebih kasar dan patah-patah, bahkan nge-lag.

Baca Juga: Mau Baterai Awet? Ikuti Cara Charge Baterai Smartphone Yang Baik dan Benar Berikut

8. Cek IMEI iPhone

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Kalau yang ini terbukti ampuh untuk membedakan iPhone original dan iPhone abal-abal. Coba Sobat cek IMEI yang ada pada ponsel. Cara pertama balikan iPhone sobat, lalu lihat pada casing belakang tepatnya disebelah bawah, biasanya disana akan tertera nomor IMEI ponsel. Cara kedua masuk ke Setting > General > IMEI, lalu lihat nomor IMEI yang tertera. Lalu cara selanjutnya coba tekan *#06#, nanti nomor IMEI akan muncul. Setelah itu, coba bandingkan kesemua nomor IMEI dari ketiga cara tadi. Kalau nomor IMEI sesuai semua, maka iPhone tersebut asli. Kalau Sobat masih kurang yakin, masuk ke (iphoneimei.info) lalu masukkan nomor IMEI iPhone Sobat.

9. Cek Harga

Cara Membedakan iPhone Asli dan Palsu

Hal terakhir selanjutnya adalah dengan melihat banderol harga. iPhone terkenal akan harganya yang memberatkan isi kantong (buat Saya pribadi he..he..he). Tapi kalau Sobat menemukan iPhone dengan harga yang tidak realistis dimana punya banderol yang jauh dari harga pasaran, Sobat tentunya harus curiga. Pokoknya inget prinsip “Ada Harga Ada Barang” aja deh, Sob.

Nah demikianlah cara mudah, cepat dan jitu membedakan iPhone asli atau iPhone palsu. Cara ini tentunya bisa digunakan untuk semua jenis iPhone Sob, dari iPhone 3G, iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 6, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, bahkan sampai iPhone 7, iPhone 7 Plus dan iPhone 7 Pro bisa dibedakan dengan cara tadi.

Dan yang harus diperhatikan adalah saat Sobat mencoba membeli iPhone, belilah di gerai resmi yang keasliannya gak usah dipertanyakan lagi. Jikalau pun Sobat mau membeli dari distributor, perhatikan dulu nama distributronya apakah benar-benar terpercaya atau tidak. Contoh distributor untuk iPhone biasanya ada TAM, Erajaya, SCM, MTS dan masih banyak lagi yang bisa Sobat cari infonya di Google. Semoga tips ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba!

Incoming search terms:

  • cara membedakan iphone asli dan palsu secara fisik
  • cara membedakan iphone 5 asli dan palsu secara fisik
  • cara membedakan iphone 6 asli dan palsu secara fisik
  • Ciri ciri iphone palsu
  • cara membedakan iphone asli dan palsu
  • ciri ciri iphone asli
  • cara mengetahui iphone asli
  • ciri iphone asli
  • ciri iphone palsu
  • cara mengetahui iphone original
9 Cara Mudah, Cepat, dan Jitu Mengetahui iPhone Asli Dan iPhone Palsu | ikbal fauzi | 4.5