17 Tips Mudah dan Cepat Cara Cek Ponsel Samsung Asli Atau Palsu

Sebagai salah satu merek smartphone nomor satu di dunia, kualitas Samsung tentunya sudah sangat teruji. Kiprah Samsung memang gak terlepas dari lamanya ekstensi mereka didunia teknologi yang berujung pada segudang inovasi terkini yang mereka hasilkan. Laris manisnya ponsel ini layaknya sebuah permen jadi pembuktian betapa cinta dan fanatiknya para masyakarat terhadap produk-produk ponsel buatan Samsung, dari mulai ponsel basic dengan fitur ala kadarnya serta berharga murah sampai dengan ponsel pintar berharga gila-gilaan dengan membawa fitur mutakhir.

Oleh karena laris manisnya ponsel Samsung tersebut, maka membuka ladang baru buat para produsen nakal untuk membuat ponsel Samsung palsu atau biasa masyarakat sebut dengan Samsung replika atau Samsung supercopy. Jika si produsen atau penjual memang mengaku bahwa produk yang mereka jual merupakan Samsung palsu atau supercopy, maka hal itu tidak menjadi persoalan. Yang repot tentunya jika Sobat tertipu dengan membeli ponsel Samsung palsu atau replika, selain tentunya bakal kesal dan kecewa, uang Sobat juga akan terbuang percuma.

Membedakan Ponsel Samsung Asli dan Palsu/Replika

Advertisement

Lalu bagaimana caranya membedakan Samsung asli dengan replika? Sebenarnya caranya gak begitu sulit Sob, hanya perlu dilakukan beberapa tes sederhana baik itu tes fisik maupun tes jeroan atau sistem dari ponsel Samsung itu sendiri. Tapi, cara ini juga gak bakal menjamin 100% bisa membuktikan bahwa Samsung tersebut palsu karena saat ini para produsen pun sudah lebih lihai dalam menciptakan produknya seidentik mungkin dengan Samsung asli. Namun paling tidak, berdasarkan data dan pengalaman dilapangan rata-rata Samsung palsu atau replika punya ciri-ciri seperti yang akan dibahas dibawah ini. Langsung saja Sob, ini dia tips mudah cara cek Samsung asli atau palsu. Check this out!

1. Coba Gosok Tulisan Merek

Sebelum mulai dengan mengecek sistem atau jeroan, Sobat bisa memulai dengan mengecek bagian luar atau sisi eksteriornya terlebih dahulu. Cara pertama yang harus Sobat coba terlebih dahulu adalah dengan memperhatikan tulisan Samsung yang tertera pada body ponsel, tepatnya di bagian bawah speaker. Jika Sobat menemukan ponsel tapi tidak ada tulisan Samsung di bagian tersebut, maka ponsel tersebut adalah Samsung palsu. Jikalau pun ada tulisan tersebut, maka coba gosok tulisan Samsung itu menggunakan kuku secara terus menerus, jika nantinya tulisan tersebut mengelupas maka Samsung tersebut adalah palsu atau replika.

Baca Juga: 9 Cara Mudah, Cepat, dan Jitu Mengetahui iPhone Asli Dan iPhone Palsu

2. Perhatikan Jenis dan Ukuran Tulisan Merek

Coba Sobat perhatikan baik-baik tulisan Samsung yang tertera baik itu pada bagian depan atau pun bagian belakang ponsel. Kalau ponsel tersebut palsu atau replika, maka tulisan Samsung terkesan aneh baik itu bentuk huruf yang tidak simetris, tulisannya yang terlalu tebal, ataupun tulisannya terlalu kecil atau bahkan terlalu besar. Untuk smartphone Samsung yang asli, tulisannya punya cetakan yang mantap dimana bentuk hurufnya simetris, tidak terlalu tipis atau tebal dan juga ukuran hurufnya proposional menyesuaikan dengan body ponsel. Pokoknya kalau Samsung palsu bentuk hurufnya beda deh, Sob.

3. Perhatikan Kualitas Casing

Namanya juga ponsel palsu, pasti dibuat dengan bahan atau material yang murahan. Ini juga bisa Sobat jadikan tolak ukur saat mau membeli ponsel Samsung baru, yaitu perhatikan kualitas bodynya. Samsung asli pastinya punya kualitas material premium pada bodynya, meskipun hanya berjenis plastik ataupun metal. Samsung palsu alias replika tentunya punya kualitas body yang buruk dan terkesan murahan, meski hanya lewat pandangan pun biasanya bisa terlihat. Lalu, pada ponsel Samsung palsu warna yang ada pada bodynya biasanya suka tidak sesuai. Sebagai contoh untuk warna pada body atau casing mempunyai warna putih pucat, sementara pada tombol lainnya seperti Home, Power, atau Volume warnanya putih terang. Hal ini pun bisa kebalikannya. Samsung asli tentu punya warna yang selaras untuk tiap-tiap bagiannya, tidak ada perbedaan sedikitpun.

4. Lihat  Jarak Tombol Home Dengan Layar

Membedakan Ponsel Samsung Asli dan Palsu/Replika

Cara selanjutnya yang bisa dicoba adalah dengan melihat tombol Home. Pada ponsel Samsung asli, jarak antara tombol Home dengan layar pasti berdekatan. Berbeda dengan Samsung palsu atau replika, jarak antara tombol Home dan layar sangatlah renggang, atau bahkan tombol tersebut berada tepat ditengah-tengah. Lalu untuk Samsung palsu, bezel berwarna silver yang ada pada ditiap sisi tombol Home tersebut juga terlihat lebih besar.

5. Perhatikan Isi Dalam Dus

Ketika baru pertama kali membeli coba Sobat perhatikan berbagai item yang ada didalam dus. Samsung asli atau original tentu sudah dibekali dengan berbagai item yang lengkap dari mulai charger, buku panduan, kartu garansi, baterai dan biasanya disertai dengan headset. Kalau dari berbagi item tersebut ada yang tidak lengkap maka Sobat patut curiga. Lalu, untuk Samsung asli akan terdapat stiker hologram bertuliskan SEIN (Samsung Elektronik Indonesia) yang terdapat pada charger, bagian dalam ponsel, dan di buku garansi. Kalau Sobat gak menemukan stiker tersebut maka ponsel tersebut palsu. Tapi, ini tentu tidak berlaku kalau Sobat mendapatkan ponsel Samsung tersebut langsung dari negara asalnya atau negara lain, tentu tulisan SEIN tersebut tidak akan ditemukan. Dan jika sudah begitu silahkan Sobat teliti dari ciri-ciri yang lain.

6. Perhatikan Baterai

Membedakan Ponsel Samsung Asli dan Palsu/Replika

Baterai Samsung Asli dan Palsu Via Kaskus

Baterai pada Samsung asli atau original pasti dilengkapi dengan stiker hologram bertuliskan SEIN, sedangkan pada Samsung palsu tidak dilengkapi dengan stiker tersebut. Jikalaupun stiker tersebut ada, Sobat harus perhatikan QR Qode yang ada disisi sebelah bawah. Pada Samsung asli, QR Qode punya ukuran yang lebih besar dibanding Samsung palsu. Pada setiap baterai tentu dilapisi oleh sejenis kertas dimana bertuliskan merek serta info-info lain yang menyangkut baterai tersebut.  Coba Sobat lepas kertas yang membalut baterai, jika Sobat bisa membukanya dengan mudah maka itu adalah replika.

Baca Juga: Smartphone Samsung Terbaik Harga Dibawah 1 Juta

7. Perhatikan Charger

Membedakan Ponsel Samsung Asli dan Palsu/Replika

Contoh Charger Samsung Asli dan Palsu

Charger ponsel Samsung asli tentunya memiliki perbedaan dari Samsung palsu dimana Sobat bisa mengamati pada colokan charger. Untuk charger Samsung asli, pada pangkal charger ukurannya lebih besar lalu terlihat ada lekukan kemudian bentuknya mengecil sampai ke ujung. Bila dilihat sekilas colokan tersebut seperti ada sambungan. Berbeda dengan Samsung palsu dimana colokannya terlihat lurus tanpa ada lekukan sedikitpun. Sobat bisa melihatnya pada gambar diatas.

8. Amati Tulisan SEIN Pada Stiker Hologram

Membedakan Ponsel Samsung Asli dan Palsu/Replika

Stiker Hologram Samsung Asli

Membedakan Ponsel Samsung Asli dan Palsu/Replika

Stiker Hologram Samsung Palsu

Ternyata adanya stiker hologram SEIN tidak menjamin keaslian ponsel Samsung. Ada sumber yang menyebutkan bahwa tulisan atau logo SEIN pada Samsung asli berada pada 3 garis yang ada pada stiker hologram. Berbeda dengan Samsung palsu dimana tulisan SEIN berada di bawah 5 garis. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar diatas.

9. Logo Samsung Tidak Muncul

Biasanya saat pertama kali menghidupkan ponsel maka tampilan yang pertama kali terlihat adalah adanya logo Samsung. Berbeda dengan ponsel Samsung replika dimana kabarnya saat Sobat menghidupkan ponsel maka yang keluar bukanlah gambar logo atau tulisan Samsung, melainkan gambar lain. Bahkan bisa jadi tidak keluar gambar apapun.

10. Perhatikan Gambar Notifikasi Pada Layar

Pada layar ponsel Samsung, biasanya akan terdapat  gambar sinyal, baterai, jam, maupun notifikasi lainnya. Pada notifikasi tersebut Samsung asli akan memiliki satu warna, yaitu warna putih saja. Kalau Samsung palsu berbeda, warna yang ada pada notifikasi bisa bermacam-macam, bisa kuning, hijau, merah, atau biru.

11. Perhatikan Layar Sentuh

Pada beberapa kasus ditemukan layar sentuh alias touchscreen pada Samsung palsu punya tekstur yang lembek dan jika Sobat menyentuh atau menekan layar tersebut lebih terasa seperti menekan plastik. Berbeda dengan Samsung asli dimana tekstur pada layar sentuhnya lebih keras dan kuat karena menggunakan kaca berkualitas.

12. Perhatikan Tampilan Gambar

Pada Samsung replika kualitas tampilan gambar yang Sobat lihat bakal lebih buram dengan warna gambar yang lebih pucat. Jika pada Samsung asli gambar yang Sobat lihat tentu lebih terang, jernih dan warnanya pun lebih tegas.

13. Perhatikan Kualitas Gambar Pada Kamera

Samsung memang sudah terkenal dengan kualitas kamera yang mumpuni sehingga bakal menyajikan foto dengan kualitas terbaik karena punya resolusi yang tinggi. Kalau Sobat mendapatkan hasil foto dengan tampilan yang buram, banyak noise ataupun hal-hal yang mengganggu lainnya pada hasil foto, maka bisa jadi foto yang Sobat ambil menggunakan Samsung palsu.

Baca Juga: Ini Dia Cara Membuat Video 360 Derajat di Android Mudah dan Cepat

14. Coba Masukkan Kode Rahasia

Ponsel Samsung asli ternyata dibekali dengan kode-kode rahasia. Caranya adalah dengan melakukan General Test Mode yaitu dengan menekan *#0*#. Jika Samsung tersebut asli maka nantinya akan muncul pilihan seperti cek warna (Red, Green, Blue), Receiver, Vibration, Dimmer, Mega Cam, Touch, Sensor, Sub Key, Speaker, Sleep dan Front Kamera. Setelah itu Sobat tinggal menguji coba kesemua fungsi tadi. Samsung palsu tentu tidak bisa menampilkan kode-kode tadi.

 

15. Masukkan Kode IMEI

Kode IMEI bisa dibilang merupakan identitas dari sebuah ponsel dan antara satu ponsel dengan yang lainnya memiliki kode IMEI yang berbeda-beda. Dalam kode itu terkandung informasi seperti merek ponsel, jenis, negara pembuat, tahun pembuatan dan lain sebagainya. Jika Sobat mau mengetahui keaslian ponsel Samsung, maka masukkan saja kode IMEI yang tertera pada ponsel ke situs imei.info dan jika ponsel Samsung Sobat asli maka jenis ponsel akan langsung terdeteksi. Kode atau nomor IMEI bisa dilihat pada dus, bagian dalam ponsel tepatnya di tempat baterai atau bisa juga dengan mengetikkan *#06#.

Membedakan Ponsel Samsung Asli dan Palsu/Replika

16. Cek Menggunakan Aplikasi Lain

Aplikasi lain yang dimaksud adalah AnTuTu atau Genuine Galaxy yang bisa Sobat dapatkan lewat Play Store. Kabarnya, apabila ponsel Samsung tersebut asli, maka ketika aplikasi tersebut dijalankan maka akan langsung mendeteksi jenis ponsel. Jika ponsel tersebut merupakan Samsung palsu, maka tipe atau jenis ponsel tidak akan terdeteksi.

17. Cek Harga

Cara ini merupakan cara terakhir yang bisa dipraktekkan. Bukan sebuah rahasia lagi kalau harga dari produk-produk palsu pasti berbeda jauh dengan harga produk asli, tak terkecuali dengan ponsel Samsung. Kalau Sobat menemukan atau membeli ponsel Samsung dengan harga dimana 2 kali lipat lebih murah dibandingkan harga asli atau harga pasaran, maka besar kemungkinan itu merupakan Samsung palsu alias replika.

Nah, itu dia Sob cara mengecek Samsung asli atau original dengan Samsung palsu alias replika. Cara tersebut sangat perlu sobat perhatikan ketika hendak membeli ponsel baru terutama merek Samsung. Dengan memperhatikan dan menerapkan tips tersebut kemungkinan Sobat bakal tertipu akan ponsel Samsung palsu pun makin kecil. Tips ini juga bisa digunakan untuk segala macam jenis ponsel Samsung baik Samsung Galaxy Grand, Samsung Galaxy V, Samsung Galaxy  Prime, Samsung Galaxy S3, Samsung Galaxy S4, Samsung Galaxy S5, Samsung Galaxy J, Samsung Galaxy Note 3, maupun Samsung Galaxy jenis lainnya. Sekian tips hari ini dan selamat mencoba!

Incoming search terms:

  • samsung j5 tidak ada stiker sein
  • cara membedakan samsung asli dan palsu
  • garansi sein palsu
  • ciri samsung asli
  • perbedaan samsung asli dan palsu
  • ciri ciri hp samsung asli
  • samsung made in indonesia asli atau palsu
  • ciri ciri samsung asli
  • membedakan samsung asli dan palsu
  • ciri hp samsung asli
17 Tips Mudah dan Cepat Cara Cek Ponsel Samsung Asli Atau Palsu | ikbal fauzi | 4.5