Cara Gampang Flashing Semua Ponsel Xiaomi Menggunakan Mi Flash

Sebagai slah satu smartphone terbaik saat ini, Xiaomi selalu diburu oleh para pengguna gadget Android tanah air. Spesifikasinya yang jempolan dan punya harga dibawah para pesaing terdekat jadi penyebab mengapa smartphone Xiaomi selalu mendapat perhatian lebih dari para konsumen setianya. Seiring berjalannya waktu, para pengguna Xiaomi biasanya merasa smartphone meraka membosankan sehingga mengganti ROM jadi salah satu solusi.

Namun ada kalanya proses penggantian ROM tersebut tidak berjalan dengan mulus sehingga menyebabkan smartphone menjadi bootloop. Kalau sudah begitu cara yang bisa ditempuh tentu saja dengan melakukan flashing pada smartphone Xiaomi supaya smartphone kembali ke keadaan normal seperti semula. Selain berguna untuk mengakali smartphone Xiaomi yang bootloop, flashing Xiaomi juga berguna saat Sobat mau mengganti ke ROM Global Stable ataupun ke ROM Developer China.

Tutorial Cara Flashing Xiaomi Menggunakan Mi Flash

Advertisement

Baca Juga: Tutorial Mudah Cara Flash Xiaomi Menggunakan Mi PC Suite

Yaudah gak perlu lama-lama lagi, berikut tutorial cara flash Xiaomi menggunakan MiFlash. Tapi inget ya Sob, cara ini sepenuhnya tanggung jawab Sobat pribadi dan jika Sobat menggunakan cara ini berarti otomatis Sobat siap menanggung segala bentuk resiko yang nanti akan muncul.

Alat-alat Yang Harus Dipersiapkan

1. Laptop atau PC.

2. Kabel USB.

3. MiUI Flashing Tool.  Sobat bisa download disini.

4. Fastboot Room sesuai dengan smartphone Xiaomi Sobat. Sobat bisa download disini. Ingat Sob, file Room yang didownload harus yang berekstensi “.tgz”, kalau hasil download beresktensi “.gz”, silahkan Sobat ubah ke “.tgz”, pokoknya Sobat jangan download yang berekstensi “.zip”. Sobat bebas menyimpan file Fastboot Room ini dimana saja, bisa di partisi C, D, E ataupun yang lainnya, yang penting berada di luar tidak disimpan di dalam folder.

Catatan: Backup dulu seluruh data yang ada pada ponsel untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Langkah-langkah Flash Xiaomi

1. Install MiUI Flashing Tool seperti biasa.

2. Extract file MiUI Room tadi pada PC atau Laptop.

3. Buka Mi Flash yang sudah di install tadi. Jika Mi Flash tidak ditemukan di desktop, Sobat bisa cari di C:\Program Files (x86)\Xiaomi\MiPhone\ untuk Windows 7 dan C:\Program Files\Xiaomi\MiPhone\ untuk Windows XP.

4. Matikan smartphone Xiaomi Sobat setelah itu masuk ke mode Fastboot dengan cara menekan tombol Power dan Volume Down secara berbarengan.

5. Sambungkan perangkat Sobat ke Laptop atau PC.

6. Tekan “Refresh” pada Mi Flash supaya lebih meyakinkan bahwa perangkat Sobat benar-benar sudah terdeteksi.

7. Klik “Browse” dan pilih Fastboot ROM yang sudah di ekstrak tadi.

8. Setelah yakin perangkat terdeteksi, silahkan pilih opsi yang ada di bagian bawah. Opsi tersebut antara lain Flash All, Flash All Except Storage, dan Flash All Except Data and Storage. Silahkan pilih sesuai keinginan.

Tutorial Cara Flashing Xiaomi Menggunakan Mi Flash

Keterangan:

  • Flash All: Instal ROM dan menghapus bersih seluruh data pada ponsel.
  • Flash All Except Storage: Instal ROM dan menghapus data pengguna saja. Untuk data pada Internal Storage tidak akan terhapus.
  • Flash All Except Data and Storage: Hanya menginstal ROM saja. Data pengguna dan data pada memori internal tidak akan terhapus.

9. Kalau Sobat sudah memilih ketiga opsi tadi, silahkan pilih “Flash” yang ada disebelah “Refresh”.

Tutorial Cara Flashing Xiaomi Menggunakan Mi Flash

10. Tunggu proses flashing hingga selesai. Untuk menyelesaikan kesemua proses ini biasanya berlangsung paling lama 25 menit. Jika proses sudah selesai, maka smartphone akan reboot secara otomatis.

Baca Juga: Spesifikasi Xiaomi Mi Notebook Air, Notebook Perdana Bawa Performa Prima

Nah itu dia Sob tutorial cara flash ponsel Xiaomi menggunakan Mi Flash. Gak terlalu sulit bukan langkah-langkahnya? Yang terpenting adalah Sobat melakukannya dengan urutan dan benar. Cara ini juga bisa diterapkan untuk flashing Xiaomi Mi 1, Xiaomi 1S, Xiaomi Mi 2, Xiaomi 2s, Xiaomi Mi 2A, Xiaomi Mi 3, Xiaomi Mi 4, Xiaomi Mi 4s, Xiaomi Mi 4c, Xiaomi Mi 4i, Xiaomi Mi Note, Xiaomi Mi 5, Xiaomi Mi Max, Xiaomi Redmi 1S, Xiaomi Redmi Note 4G, Xiaomi Redmi Note Prime, Xiaomi Redmi Note 2, Xiaomi Redmi Note 3, Xiaomi Redmi 2, Xiaomi Redmi 3, Xiaomi Redmi 3S dan Xiaomi Redmi Pro. Semoga info kali ini bermanfaat dan semoga berhasil!

Incoming search terms:

  • cara instal miflash di pc
  • cara ngeflash hp xiaomi
  • cara flash xiomi
  • cara flash hp xiomi
  • cara instal mi flash
  • cara menggunakan miflash
  • flash xiaomi
  • biaya flash hp xiaomi
  • cara menggunakan mi flash
  • biaya flashing xiaomi
Cara Gampang Flashing Semua Ponsel Xiaomi Menggunakan Mi Flash | ikbal fauzi | 4.5