9 Tips Aman Belanja Online Supaya Tidak Tertipu Penjual Nakal

9 Tips Aman Belanja Online Supaya Tidak Tertipu Penjual Nakal – Siapa sih yang gak suka belanja? Sepertinya semua orang suka dengan kegiatan satu ini, gak peduli pria ataupun wanita, berbelanja jadi sebuah kegiatan rutin yang terkadang menyenangkan. Terlebih di era global sekarang ini dimana teknologi internet berkembang dengan sangat pesat sehingga mengakibatkan menjamurnya layanan jual beli online yang sangat beragam baik itu dari menjual makanan, pakaian, barang elektronik, gadget, sampai dengan furniture, semua bisa didapatkan dengan gampangnya lewat online shop.

Kemajuan layanan internet saat ini jadi salah satu pemicu mengapa berbelanja melalui sistem online sangat digemari. Jelas saja, Sobat hanya perlu duduk manis didepan komputer atau hanya dengan mengoperasikan smartphone beberapa menit saja, barang yang dicari pun langsung datang ke rumah, sehingga Sobat pun gak perlu capek-capek pergi ke pusat perbelanjaan dengan mencari barang kebutuhan yang diinginkan. Bisa dikatakan kemudahan dan praktisnya kegiatan membeli barang inilah yang menjadi sebuah dampak positif dari belanja online.

Tips Belanja Online Agar Tidak Tertipu

Advertisement

Tapi ternyata, ditengah kemudahan dan kenyamanan berbelanja online tersebut ada sebuah dampak negatif belanja online berupa ancaman yang siap menyerang Sobat kapan saja. Ya, apalagi kalau bukan para penipu yang gak segan-segan menipu para pembeli online lewat online shop fiktif yang mereka buat. Hadirnya online shop gadungan ini tentu saja meresahkan para konsumen yang senang akan berbelanja secara online. Terus, gimana sih cara belanja online yang benar? Nah, untuk menyiasati hal tersebut, sebenarnya ada cara-cara tersendiri biar gak tertipu saat Sobat melakukan belanja online. Sobat mau tau tips aman belanja online agar tidak tertipu? Berikut Tekno Soul sajikan tipsnya.

Baca Juga: 15 Daftar Toko Online Terbaik & Terpercaya Paling Populer di Indonesia

1. Cari Online Shop Terpercaya

Poin pertama tentu saja kita harus mencari terlebih dahulu online shop yang menyediakan barang kebutuhan yang kita cari. Untuk online shopnya sendiri Sobat bisa bertanya kepada teman atau keluarga yang pernah bertransaksi dengan online shop yang bersangkutan. Tanyakan kepada mereka tentang pelayanan yang diberikan oleh online shop tersebut, apakah memuaskan atau tidak. Untuk saat ini Lazada dan BliBli merupakan dua online shop yang menyediakan barang-barang kebutuhan secara lengkap dan terpercaya. Selain itu Sobat juga bisa browsing untuk mengetahui online shop terpercaya lainnya.

2. Lihat Testimoni Dari Para Konsumen

Disetiap website online shop pasti disediakan kolom komentar yang isinya merupakan feedback atau timbal balik yang diberikan para konsumen terhadap toko atau barang yang mereka beli. Cara ini merupakan salah satu cara paling ampuh untuk mengetahui apakah online shop yang Sobat tuju mempunyai kredibilitas yang tinggi atau tidak. Sebelum Sobat memutuskan membeli, baca dan teliti terlebih dahulu testimoni yang ditinggalkan oleh para konsumen. Jika rata-rata konsumen memberikan rating baik atau memberikan komentar yang menunjukkan rasa puas, Sobat bisa langsung memproses barang yang Sobat inginkan tadi.

Semakin banyak komentar positif yang Sobat temukan, tentunya semakin terpercaya online shop tersebut. Tapi juga Sobat harus berhati-hari dan harus bisa membedakan komentar fiktif yang hanya dibuat-buat dengan tujuan supaya online shop tersebut terlihat professional dan meyakinkan. Untuk membedakannya Sobat bisa menganalisis gaya bahasa dari orang yang berkomentar tersebut, dimana gaya bahasa untuk komentar fiktif bakal terlihat tidak natural.

3. Baca Kebijakan Yang Diberlakukan Oleh Online Shop

Online shop biasanya menuliskan kebijakan-kebijakan yang biasanya bertujuan supaya si pembeli lebih nyaman dan aman berbelanja di online shop tersebut. Kebijakan yang dituliskan biasanya mengenai kebijakan dalam pengembalian barang, dimana pada keadaan tertentu semisal barang rusak saat diterima, barang tidak sesuai dengan contoh atau jika barang tidak sampai ke alamat konsumen maka barang tersebut bisa ditukar dengan yang baru maupun akan diberikan pengembalian dana. Sebelum Sobat memutuskan membeli barang, cari tahu terlebih dahulu kebijakan ini. Jika Sobat tidak menemukan pada halaman online shop tersebut, Sobat bisa langsung menanyakannya pada si penjual.

4. Periksa dan Perhatikan Deskripsi Produk

Online shop merupakan sebuah tempat dimana kita sebagai konsumen tidak bisa melihat atau merasakan langsung produk yang akan kita beli. Oleh karenanya kalau Sobat berencana membeli sebuah produk dari online shop, maka penting buat memperhatikan deskripsi produk yang sudah diberikan, baik itu dari jenis, ukuran, warna maupun lainnya. Kalau ada deskripsi yang kurang jelas, Sobat harus langsung tanyakan kepada seller mengenai barang yang dimaksud, jangan sampai ketika barang sudah Sobat terima malah gak sesuai dengan harapan. Kalau barangnya bisa di tukar sih oke-oke saja, tapi kalau barang tadi tidak bisa ditukar maka Sobat pun bakal rugi sendiri.

5. Utamakan Fasilitas COD

Rata-rata penjual atau online shop recommended biasanya memiliki fasilitas ini. COD atau istilah lain dari bayar ditempat ini memang jadi salah satu fasilitas yang wajib dipertimbangkan saat Sobat mau membeli produk via online shop. Dengan adanya fasilitas ini, kemungkinan Sobat bakal tertipu akan suatu barang jadi lebih kecil karena tentunya Sobat bisa mengecek terlebih dahulu barang yang mau dibeli sebelum akhirnya membayar barang tersebut.

Akan tetapi, gak semua penjual atau online shop yang gak memiliki fasilitas COD bisa di generalisir sebagai online shop abal-abal, mereka tentunya punya alasan kenapa tidak menyertakan fasilitas tersebut. Masalah kesibukan mungkin salah satunya. Tapi tentunya akan lebih baik dan aman jika Sobat membeli barang menggunakan fasilitas COD. Kalau Sobat curiga terhadap online shop yang tidak bisa diajak COD, maka lihat terlebih dahulu rekam jejaknya dengan melihat testimoni yang ditinggalkan pembeli. Jika hasil testimoninya positif, maka Sobat bisa mempertimbangkan lebih lanjut.

6. Gunakan Rekening Bersama

Fasilitas satu ini memang belakangan sedang booming. Lewat fasilitas ini, nantinya dalam suatu transaksi dipegang oleh 3 pihak sekaligus yaitu Sobat sebagai pembeli, seller atau penjual dan satu orang pihak ketiga sebagai fasilitator. Jika Sobat mau membeli barang yang dimaksud, maka uang yang Sobat kirim tidak langsung diterima oleh penjual melainkan dipegang terlebih dahulu oleh pihak ketiga tersebut. Jika barang yang Sobat pesan sudah diterima, barulah uang tadi dikirimkan oleh pihak ketiga ke penjual. Dengan sistem seperti ini memang menawarkan keamanan tersendiri. Sistem seperti ini sudah banyak diterapkan oleh online shop sperti Bukalapak ataupun juga KasKus.

7. Simpan Bukti Transaksi

Bukti transaksi ini merupakan elemen yang penting banget saat Sobat mau berbelanja online. Saat Sobat sudah mentransfer dana ke penjual, maka simpan baik-baik bukti transfer tadi supaya mencegah hal-hal yang bisa merugikan Sobat baik itu struk ATM, kwitansi bank, atau sms. Semisal nantinya si penjual tidak menemukan transaksi yang Sobat lakukan, maka Sobat bisa langsung menunjukkan bukti transfer tersebut.

8. Perhatikan Harga Yang Ditawarkan

Hati-hati Sob, saat ini penipuan ada dimana-mana, terutama saat Sobat belanja secara online. Sebelum memutuskan membeli suatu barang, maka cari tahu terlebih dahulu berapa harga pasaran barang yang Sobat ingingkan tersebut. Kalau ada online shop yang menjual barang dengan harga yang sangat murah dimana harganya berkali kali lipat lebih murah dari harga pasaran maka Sobat harus waspada. Bisa jadi barang tersebut merupakan barang yang sudah cacat atau kemungkinan itu hanyalah online shop nakal yang hanya berniat menipu Sobat.

9. Cari Tau Keakuratan Toko Lewat Polisi Online

Polisi Online merupakan sebuah website yang sangat bermanfaat buat Sobat para pembeli barang online. Situs ini akan melacak keaslian suatu online shop dan memberikan informasi mengenai toko online tersebut. Website ini sudah lumayan lama berdiri dan sudah banyak membantu para pembeli barang online di tanah air. Yang harus Sobat lakukan hanya tinggal memasukkan alamat website atau online shop tadi dan Polisi Online akan melacak keasliannya. Enak banget kan, Sob?

Kalau Sobat mau tau lebih lanjut mengenai cara belanja online yang aman, Sobat bisa menyaksikan video dari YouTube berikut.

Nah itu dia Sob tips aman belanja online supaya tidak tertipu para penjual nakal. Sebenarnya untuk mencari sebuah toko online yang benar-benar terpercaya gak terlalu sulit kok, yang dibutuhkan hanya ketelitian dan kesabaran Sobat dalam memilih produk, toko online dan menerapkan cara-cara tadi. Semoga informasi kali ini bisa berguna, dan selamat mencoba!

Incoming search terms:

  • elephone shop penipu
  • cara membeli barang online agar tidak tertipu
  • cara agar tidak tertipu belanja online
  • tips belanja online agar tidak tertipu
  • tips jual beli online agar tidak tertipu
  • cara belanja online agar tidak tertipu
  • cara agar tidak ditipu saat belanja online
  • tips agar tidak tertipu olshop hp
  • bagaimana cara agar tidak tertipu belanja online
  • cara jual beli online agar tidak tertipu
9 Tips Aman Belanja Online Supaya Tidak Tertipu Penjual Nakal | ikbal fauzi | 4.5