6 Cara Mudah dan Ampuh Mengembalikan File Yang Hilang Di Android

6 Cara Mudah dan Ampuh Mengembalikan File Yang Hilang Di Android – Apa Sobat saat ini sedang kehilangan file atau data-data penting pada smartphone Android kesayangan, dan sedang mencari cara untuk mengembalikan file atau data yang hilang tadi? Jika iya, maka alangkah baiknya Sobat membaca tips yang satu ini. Ya, pada kesempatan kali ini Teknosoul akan membahas mengenai cara ampuh mengembalikan file yang hilang pada smartphone Android Sobat. Cara yang digunakan adalah dengan mengandalkan aplikasi dari pihak ketiga yang tentunya sangat mudah didapatkan serta mudah untuk dioperasikan.

Seperti yang kita tahu, pada smartphone Android memang terdapat berbagai macam file maupun data-data pribadi yang sifatnya sangat penting. File atau data tersebut bisa berbentuk note, foto, video bahkan music. Jika file tersebut hilang tentunya akan membuat Sobat pusing gak karuan bukan? Maka, semoga tips yang akan kita bahas kali ini bisa menjawab permasalahan Sobat sekalian terutama yang sedang mengalami kehilangan data. Selain ampuh untuk mengembalikan data pada smartphone Android, aplikasi ini juga ampuh untuk mengembalikan data pada computer PC atau juga laptop. Ini dia ulasannya.

Mengembalikan File Pada Ponsel Android Yang Belum Di Root

1. Menggunakan Recuva

Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Advertisement

Rasa-rasanya hampir sebagian pengguna Android tau mengenai software yang satu ini. Recuva memang sudah terbukti untuk bisa mengembalikan file yang hilang pada Android selain itu tampilannya pun friendly banget sehingga sangat mudah buat Sobat operasikan. Untuk cara kerjanya simak urutan berikut.

  1. Sebelum memulai, Sobat bisa mendownload Recuva disini.
  2. Hubungkan ponsel ke komputer lalu tunggu sampai terdeteksi. Kalau Sobat mau mengembalikan file di memori internal Sobat bisa memilih jenis koneksi “Mass Storage Device”.
  3. Buka software Recuva, lalu pilih jenis file apa yang mau sobat kembalikan datanya.
  4. Pilih lokasi penyimpanan file yang hilang tersebut. Kalau Sobat lupa atau tidak yakin mengenai lokasi penyimpanannya, Sobat bisa pilih “I’m Not Sure”.
  5. Lalu klik “Start” untuk memulai pencarian data tadi.
  6. Jika file atau data yang dimaksud sudah ditemukan, maka Sobat bisa meng-klik file tersebut sampai muncul tanda ceklis, kemudian Klik kanan dan pilih Recover Checked.
  7. Pilih lokasi atau drive yang mau Sobat gunakan untuk menyimpan file tadi lalu pilih “OK”.
  8. Sobat bisa langsung memindahkan file tadi ke ponsel Android.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Mengatasi Smartphone Lemot Hanya Dalam Waktu Sekejap

2. Menggunakan Yodot Recovery

Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Jika Sobat gagal atau kesulitan dengan software pertama yaitu Recuva, Sobat bisa menggunakan alternatif lain yaitu Yodot Android Data Recovery. Tampilan software ini pun sangat simpel dan dijamin sangat mudah mengoperasikannya. Berikut cara menggunakannya.

  1. Sobat bisa mengunduh Yodot Recovery disini.
  2. Hubungkan ponsel ke computer atau laptop.
  3. Buka aplikasi Yodot Recovery, kemudian Sobat bisa memilih opsi Deleted File Recovery atau Lost File Recovery. Karena Sobat mau mengembalikan file yang terhapus maka pilih opsi pertama.
  4. Lalu pilih tempat penyimpanan file yang hilang tersebut, apakah di memori internal atau di kartu memori (eksternal).
  5. Setelah memilih, klik “Next” lalu “Start” dan Yodot Recovery pun akan langsung mencari file Sobat.
  6. Jika proses pencarian sudah selesai, Sobat tinggal memilih file-file mana saja yang mau dikembalikan. Nantinya file tersebut akan kembali ke tempat semula.

3. Menggunakan Potato Share

Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Alternatif selanjutnya yang bisa digunakan untuk mengembalikan file yang hilang adalah dengan menggunakan Potatoshare. Sama seperti software diatas, Potatoshare menawarkan kemampuan untuk mengembalikan foto, music, video, kontak, maupun sms. Berikut cara menggunakan Potatoshare.

  1. Sobat bisa mendapatkan Potatoshare disini.
  2. Nanti Sobat akan disuguhi 2 kategori yang bisa dipilih. Yang pertama adalah kategori kontak, panggilan dan sms. Sementara yang kedua adalah foto, video, dan music. Silahkan pilh kategori yang Sobat inginkan.
  3. Klik “Start” untuk memulai pencarian dan tunggu beberapa saat sampai proses pencarian selesai dilakukan.
  4. Jika proses sudah selesai, Potatoshare akan menampilakn daftar file yang bisa dikembalikan seperti semula. Silahkan Sobat klik “Recover”.
  5. File yang hilang sudah kembali ke tempat semula.

Mengembalikan File Pada Ponsel Android Yang Sudah Di Root

1. Menggunakan EaseUS MobiSaver for Android

Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

EaseUS MobiSaver for Android merupakan software selanjutnya yang bisa Sobat gunakan untuk mengembalikan file yang hilang pada ponsel Android yang sudah di root. Jika ponsel Sobat belum di root, Sobat bisa membaca cara rootnya disini. Cara kerja software ini sangat simpel, tapi sangat ampuh untuk mengembalikan file-file Sobat yang hilang seperti semula. Berikut cara penggunaannya.

  1. Jika belum memiliki EaseUS MobiSaver, Sobat bisa mengunduhnya disini.
  2. Sambungkan ponsel Android Sobat ke PC atau laptop.
  3. Tunggu beberapa saat sampai EaseUS MobiSaver mendeteksi perangkat android Sobat. Jika suah begitu, klik “Start” untuk memulai proses pencarian.
  4. Jika proses pencarian sudah selesai, maka file-file yang hilang bisa langsung terlihat.
  5. Pilih file-file mana saja yang mau dikembalikan, lalu klik “Recover” untuk menyimpan file tersebut di computer. Jangan lupa tentukan juga dimana Sobat mau menyimpan file tersebut.

2. Menggunakan DR Fone

Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Kalau software satu ini berfungsi untuk mengembalikan file foto, audio, video, document, kontak, pesan sampai dengan pesan WhatsApp yang hilang pada Android Sobat. Software ini sangat direkomendasikan dan tentunya menawarkan hasil terbaik dalam mengembalikan file yang hilang pada ponsel Andorid. Untuk menggunakan Dr Fone silahkan ikuti cara berikut.

  1. Sobat bisa mendownload Dr Fone disini.
  2. Hubungkan ponsel Android ke computer atau laptop.
  3. Setelah ponsel android terhubung, maka Sobat bisa memilih file apa yang mau dikembalikan datanya, apakah foto, video, atau yang lainnya.
  4. Jika sudah selesai memilih, Sobat bisa langsung memulai pencarian dengan memilih “Start”.
  5. Jika nanti ditemukan pernyataan dimana isinya Sobat diminta mengizinkan SuperUser dan RSA Key di perangkat Android supaya konesi komputer dan ponsel android berjalan aman, maka Sobat bisa men-centang “Always Accept”.
  6. Tunggu beberapa saat sampai DR Fone menemukan file yang Sobat cari. Jika nanti ponsel melakukan reboot berulang-ulang maka biarkan saja.
  7. Proses selesai, Dr Fone akan menampilkan file-file yang hilang dan bisa diselamatkan. Jika Sobat mau mengembalikan file tersebut silahkan pilih “Recover”.

3. Menggunakan Undeleter Recover Files & Data

Mengembalikan File Yang Terhapus di Android

Tidak seperti aplikasi lainnya diatas, aplikasi ini tidak membutuhkan komputer atau laptop. Aplikasi ini terdiri atas dua pilihan, gratis dan berbayar. Khusus untuk versi gratis Sobat hanya bisa mengembalikan file seperti foto dan sms saja. Jika Sobat tidak masalah, berikut cara penggunaannya.

  1. Download aplikasinya dulu disini.
  2. Jikalau nantinya aplikasi ini membutuhkan akses root, Sobat bisa memilih izinkan.
  3. Nanti akan terdapat 2 pilihan, “Restore File” dan “Restore Data”. (Restore File bisa digunakan jika Sobat menggunakan versi berbayar. Pilihan ini bisa mengembalikan berbagai data pada ponsel android Sobat. Sementara buat Sobat yang menggunakan versi free bisa memilih Restore Data, dimana hanya akan mengembalikan foto serta sms saja).
  4. Pilih jenis penyimpanan apa yang mau dikembalikan data-datanya, apakah internal atau eksternal.
  5. Nanti akan muncul kembali 2 pilihan, Journal Scan dan Deep Scan. Journal Scan akan mencari file secara cepat namun kita tidak bisa menentukan lokasinya. Sementara Deep Scan akan mencari file secara mendalam dan kita bisa menentukan tempat mana saja yang ingin dicari sehingga nanti hasilnya lebih optimal.
  6. Tekan “Scan” yang ada di sebelah pojok kanan bawah. Tunggu beberapa saat sampai hasil pencarian muncul.
  7. Jika proses pencarian sudah selesai, maka Sobat bisa memilih file mana saja yang diinginkan. Jika sudah, silahkan tap gambar disket di pojok kanan atas untuk menyimpan file yang sudah ditemukan tadi.

Baca Juga: Cara Menyembunyikan Aplikasi di Ponsel Android

Nah, itu dia Sob, cara mudah untuk mengembalikan file yang hilang pada Android. Cara tersebut bisa diterapkan baik untuk ponsel Android yang sudah di root maupun belum di root. Selain caranya mudah, aplikasi tadi juga mudah didapatkan dan pastinya gratis. Semoga tips kali ini bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan good luck!

*Catatan: Jika pada saat menyambungkan ke komputer ponsel Sobat tidak terdeteksi atau memori internal tidak terdeteksi, kemungkinan ponsel Android Sobat belum diaktifkan fitur USB Debugging. Untuk mengaktifkannya pilih Setting > About Phone > pada bagian Build Number tap beberapa kali sampai muncul pemberitahuan bahwa Developer Option sudah aktif atau biasanya muncul tulisan “You Are Developer Now”. Setelah itu masih di menu Setting, pilih Developer Option, lalu aktifkan fitur USB Debugging dengan memberi tanda ceklis.

Incoming search terms:

  • cara mengembalikan foto yang terhapus di hp xiaomi
  • Cara mengembalikan video yang terhapus di hp xiaomi
  • cara mengembalikan video yang terhapus di xiaomi
  • cara mengembalikan foto yang terhapus di xiaomi
  • cara mengembalikan file yang terhapus di xiaomi
  • file hilang di xiaomi
  • cara mengembalikan data yang hilang di xiaomi
  • cara mengembalikan file yang terhapus di hp xiaomi
  • cara menggunakan yodot recovery
  • cara mengembalikan file memulihkan file musik yang terhapus di hp hisense
6 Cara Mudah dan Ampuh Mengembalikan File Yang Hilang Di Android | ikbal fauzi | 4.5