Cara Kalibrasi Baterai HP Android Mudah, Cepat, Tanpa ROOT

Cara Kalibrasi Baterai HP Android Mudah, Cepat, Tanpa ROOT – Apakah baterai HP Android Sobat cepat habis padahal baru saja di charge? Apakah baterai HP Android Sobat cepat habis padahal HP tersebut adalah HP baru? Kalau iya, Sobat harus praktekkan tips dan trik memperbaiki baterai HP yang satu ini. Sebetulnya ini bukanlah memperbaiki baterai seperti membongkar jeroan baterai atau semacam itu, melainkan melakukan kalibrasi pada baterai HP Android supaya berfungsi dengan normal lagi.

Cara Kalibrasi Baterai Android

Advertisement

Baca Juga: Mau Baterai Awet? Ikuti Cara Charge Baterai Smartphone Yang Baik dan Benar Berikut

Lalu, apa sih kalibrasi itu? Secara gampangnya, kalibrasi merupakan proses menyetel ulang baterai supaya sesuai dengan sistem. Yang menjadikan baterai cepat habis adalah belum tentu baterainya yang jelek, bisa jadi ada kesalahan baca oleh sistem pada baterai sehingga menyebabkan ketidakcocokkan jumlah tenaga yang ada dibaterai dengan jumlah tenaga yang dibaca oleh sistem. Jadi, meskipun kapasitas baterai yang sesungguhnya misalkan masih tersisa 50%, tapi bila sistem membacanya sudah berada di angka 0%, maka otomatis HP akan mati sesuai dengan yang dibaca sistem tersebut. Nah, dengan kalibrasi ini kita akan menyelaraskan ketidakcocokkan tersebut, sehingga indikator atau persentase tenaga baterai yang ditunjukkan sesuai dengan tenaga sebenarnya yang ada pada baterai tersebut.

Lalu, gimana sih cara kalibrasi baterai HP Android? Cara buat kalibrasi baterai ini gampang banget, Sob. Sobat bisa menggunakan aplikasi kalibrasi baterai HP Android atau bisa juga melakukan cara manual alias gak mengandalkan aplikasi. Aplikasi ini pun bisa digunakan untuk ponsel Android yang belum di root atau pun yang sudah di root. Langsung aja, ini dia cara mudah kalibrasi baterai HP Android yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Cara Menggunakan Aplikasi Current Widget: Battery Monitor (Untuk HP Belum di ROOT)

Cara Kalibrasi Baterai Android

  1. Download dulu aplikasi Current Widget di Play Store.
  2. Install aplikasinya seperti biasa.
  3. Kemudian cari widget Battery Monitor dan pasang di layar Home HP Android Sobat. Widget ini untuk mengetahui proses pengisian baterai.
  4. Setelah widget terpasang, silahkan charge HP Android sambil biarkan HP menyala, lalu tunggu sampai widget tadi menunjukkan indikator baterai full.
  5. Silahkan restart HP Android Sobat dan jangan lupa cabut kabel chargernya.
  6. Selesai. HP Android Sobat sudah selesai di kalibrasi.

Baca Juga: Cara Mudah Melacak HP Android Yang Hilang Dicuri Melalui GPS

2. Cara Menggunakan Aplikasi Battery Callibration (Untuk HP Yang Sudah di ROOT)

Cara Kalibrasi Baterai Android

  1. Untuk cara ROOT HP Android bisa Sobat lihat disini.
  2. Download aplikasi Battery Callibration di Play Store.
  3. Install aplikasinya seperti biasa.
  4. Charge HP Android Sobat sampai benar-benar 100%.
  5. Jika baterai sudah full, buka aplikasinya dan tekan Battery Callibration atau Callibrate yang ada di tengah layar. Jika muncul notifikasi Calibration Succeeded, tekan OK.
  6. Kemudian silahkan Sobat habiskan kapasitas baterai untuk bermain game, browsing atau yang lainnya sampai baterai benar-benar habis alias 0%.
  7. Charge kembali HP Sobat namun dalam keadaan mati, lalu tunggu hingga penuh 100%.
  8. Selesai. HP Android Sobat sekarang sudah terkalibrasi.

3. Cara Kalibrasi Baterai Android Secara Manual Tanpa Aplikasi

Selain menggunakan aplikasi, Sobat pun bisa melakukan kalibrasi secara manual. Memang sedikit ribet, tapi buat Sobat yang males untuk download aplikasi, cara ini bisa dipraktekkan.

  1. Charge HP Android Sobat dalam keadaan menyala seperti biasa sampai indikatornya menunjukkan angka full 100%.
  2. Setelah penuh, matikan HP Sobat.
  3. Saat HP dalam keadaan mati, lakukan lagi pengisian baterai sampai penuh. Kalau ponsel Android Sobat terdapat lampu LED notifikasi, perhatikan lampunya sampai berubah warna menjadi hijau atau warna lainnya.
  4. Kalau baterai sudah penuh, nyalakan kembali HP Sobat dan charge lagi baterainya sampai penuh.
  5. Jika sudah penuh, cabut kabel charger dan silahkan Sobat habiskan baterai tersebut sesuka hati bisa dengan bermain game, nonton film, browsing, chatting dan lainnya yang penting baterai harus dihabiskan sampai HP benar-benar mati.
  6. Kalau HP sudah mati, biarkan sesaat sampai 15 menit.
  7. Setelah menunggu 15 menit, charge kembali HP Sobat dan tunggu sampai baterai penuh 100% dan jangan nyalakan HP kalau baterainya belum menunjukkan angka 100%.
  8. Selesai. Baterai HP Android Sobat sekarang sudah terkalibrasi.

Baca Juga: Cara Gampang Flashing Semua Ponsel Xiaomi Menggunakan Mi Flash

Nah, itu dia cara kalibrasi baterai HP Android dengan aplikasi kalibrasi maupun secara manual. Jadi, buat Sobat yang baterai HP nya selalu boros padahal baru saja di charge, jangan buru-buru menganggap bahwa HP atau baterainya rusak. Coba dulu cara kalibrasi ini dan baterai HP Android Sobat pun jadi terasa baru kembali. Tapi, cara kalibrasi ini tentu gak dianjurkan buat baterai HP Android yang abal-abal ya, Sob.

Advertisement

Incoming search terms:

  • cara kalibrasi baterai android
  • kalibrasi tanpa root
  • cara menggunakan current widget
  • cara membuat baterai hp awet kembali tanpa root
  • kalibrasi baterai tanpa root
  • aplikasi kalibrasi baterai tanpa root
  • cara kalibrasi baterai android secara manual
  • kalibrasi baterai android
  • kalibrasi baterai
  • cara kalibrasi baterai tanpa root
Cara Kalibrasi Baterai HP Android Mudah, Cepat, Tanpa ROOT | ikbal fauzi | 4.5