Cara Memasang Tempered Glass Pada Smartphone Yang Benar dan Mudah

Kita tentunya sudah tau bahwa pada era sekarang ini perkembangan ponsel sudah semakin maju. Ditandai dengan perkembangan smartphone yang memang mulai populer beberapa tahun belakangan, keberadaan ponsel dengan layar kecil serta mengusung tombol fisik sebagai akses navigasi utama atau biasa disebut feature phone sudah semakin sulit buat ditemui. Keberadaannya pun sudah mulai tenggelam, tergerus oleh smartphone yang mengadopsi layar sentuh sebagai akses utama.

Ada perbedaan yang besar pastinya bila membandingkan ponsel sekarang dengan ponsel yang ada beberapa tahun kebelakang. Layar sentuh atau touchscreen yang jamak ditemui pada ponsel atau smartphone saat ini diklaim punya kekuatan yang lebih rendah bila dibandingkan layar pada ponsel dahulu. Wajar saja, LCD yang ada pada smartphone memang punya lapisan yang lebih tipis supaya layar bisa lebih peka terhadap sentuhan jari tangan, mungkin itu yang menjadikan layar sentuh atau touchscreen mudah rusak terlebih lagi kalau udah terjatuh atau mendapat tekanan yang terlampau kuat.

Cara Memasang Temperd Glass

Advertisement

Baca Juga: Cara Melepas Tempered Glass iPhone, Samsung dan HP Android Lainnya

Buat menyiasati hal tersebut, sekarang ini mulai banyak produsen aksesoris smartphone yang membuat kaca tempered glass. Tempered glass adalah sebuah kaca pelindung transparan dimana terbuat dari campuran plastik dan kaca yang ditempatkan pada permukaan layar smartphone supaya bisa melindungi layar dari berbagai macam gangguan. Dengan begitu, layar pun jadi punya kekuatan lebih baik yang tentunya tahan dari goresan serta gak bakal cepat pecah dan rusak. Lalu, bagaimana cara memasang tempered glass yang baik dan benar? Buat Sobat yang mau tau, berikut Teknosoul berikan tips mengenai cara memasang tempered glass yang mudah dan cepat, check this out!

Untuk bisa memasang tempered glass dengan sempurna, kita tentunya harus terlebih dahulu mempersiapkan alat-alat serta mengikuti tahapannya dengan hati-hati supaya hasilnya bisa memuaskan. Alat dan tahapannya adalah sebagai berikut.

1. Alat yang dipersiapkan

  1. Cairan pembersih alkohol.
  2. Kain microfiber.
  3. Isolasi atau selotip.
  4. Tempered glass sesuai dengan tipe smartphone.

Disini sebenarnya gunting gak terlalu dibutuhkan Sob, karena cuman untuk berjaga-jaga saja kalau-kalau tempered glass yang Sobat beli punya ukuran yang terlalu besar sehingga nantinya bisa dipotong. Kemudian kain microfiber berguna untuk membersihkan dan mengeringkan layar setelah layar dibersihkan menggunakan alkohol. Penggunaan kain microfiber juga sangat dianjurkan, mengingat kain ini punya permukaan yang sangat halus sehingga gak bakal meninggalkan goresan pada layar, berbeda dengan kain biasa. Kalau Sobat gak punya kain microfiber, bisa menyiasati dengan menggunakan kain yang biasa digunakan untuk membersihkan kaca mata yang sama-sama punya permukaan halus. Terakhir, isolasi berguna untuk mengangkat debu yang menempel pada layar.

2. Pembersihan layar

Setelah semua alat yang dibutuhkan siap, maka Sobat tinggal melakukan pembersihan layar sebelum memasang tempered glass. Pembersihan layar ini punya peran yang vital Sob, karena layar harus benar-benar bersih dari kotoran atau debu supaya tempered glass bisa menempel dengan kuat dan sempurna.

  1. Silahkan Sobat tuangkan cairan alkohol pada kain microfiber secukupnya saja dan jangan terlalu banyak, kemudian bersihkan layar menggunakan cairan tersebut.
  2. Setelah layar sudah dirasa bersih, silahkan Sobat keringkan layar tersebut menggunakan kain microfiber dengan sisi yang berbeda atau sisi yang kering.
  3. Ambil selotip, kemudian gunakan bagian yang lengket untuk mengangkat sisa-sisa debu yang menempel pada layar. Jika debu masih menempel pada layar, tentunya membuat tempered glass tidak menempel sempurna

3. Pemasangan Tempered Glass

Setelah memastikan bahwa layar sudah bersih dan bebas dari debu atau kotoran, maka Sobat tinggal memasang tempered glass. Berikut caranya.

  1. Pastikan dulu bahwa letak sisi atas dan bawah tempered glass sudah benar.
  2. Ukur dan perhatikan baik-baik bagian atas, bawah, kanan dan kiri tempered dengan jarak tiap sisi layar sudah sesuai dan simetris serta tentunya tidak miring.
  3. Kalau jarak tiap sisi sudah seimbang, silahkan Sobat mulai dari memasang bagian atas layar terlebih dahulu lalu rekatkan pelan-pelan serta berurutan sampai ke bagian bawah layar. Ataupun Sobat juga bisa memulai dari bagian sisi kiri lalu pelan-pelan rekatkan ke sisi kanan. Usahakan gak ada udara yang terperangkap didalam tempered glass supaya hasilnya lebih memuaskan.
  4. Setelah semua bagian layar sudah tertutup tempered glass, Sobat bisa menggunakan kain microfiber untuk lebih merekatkan tempered glass dengan cara menggosok tiap bagian layar dengan agak kuat supaya menempel kuat dan sempurna.
  5. Selesai, tempered glass sudah terpasang dan layar smartphone Sobat sudah jauh lebih kuat dari sebelumnya.

Nah, itu dia tips cara memasang tempered glass yang baik, benar dan cepat. Cara ini bisa Sobat praktekan untuk memasang tempered glass pada HP maupun tablet. Sebenarnya, gak ada perbedaan cara memasang tempered glass, baik itu memasang tempered glass pada Samsung, Asus Zenfone, iPhone maupun Xiaomi. Caranya sama saja, yang harus diperhatikan adalah ketelitian dan kecermatan kita saat membersihkan layar serta memasang tempered glass. Yang sulit mungkin adalah ketika Sobat memasang tempered glass pada smartphone yang punya layar jenis 2.5D, dimana layar tersebut punya bentuk yang lengkung di setiap sisinya sehingga tempered glass agak sulit menempel dengan sempurna.

Baca Juga: Cara Beli Aplikasi di Google Play Store Dengan Pulsa Indosat, Telkomsel, XL Axiata

Kalau tempered glass tidak menempel sempurna, maka kemungkinan ada beberapa penyebab. Pertama, layar ponsel masih kotor sehingga mengurangi daya rekat tempered glass. Kedua, daya rekat yang ada di tempered glass tidak terlalu kuat, bisa disebabkan karena cacat produksi atau karena merupakan stok lama. Kalau setelah memasang tapi hasilnya kurang sempurna, Sobat bisa melepas tempered glass tersebut dan mencobanya lagi dari awal. Tapi ingat Sob, dianjurkan gak lebih dari 3 kali untuk melepas-pasang tempered glass, karena dikhawatirkan daya rekatnya bakal hilang. Sekian tips kali ini, selamat mencoba dan semoga berhasil!

Incoming search terms:

  • tempered glass tidak menempel sempurna
  • cara menempelkan tempered glass yang sudah tidak lengket
  • tempered glass tidak mau menempel
  • cara memasang tempered glass
Cara Memasang Tempered Glass Pada Smartphone Yang Benar dan Mudah | ikbal fauzi | 4.5