Cara Menambah RAM Android Tanpa ROOT dan ROOT Mudah dan Cepat

Cara Menambah RAM Android Tanpa ROOT dan ROOT Mudah dan Cepat – Pada sebuah ponsel pintar, RAM memegang peranan yang sangat krusial. Random Access Memory atau biasa disebut dengan RAM merupakan sebuah komponen pada smartphone yang bertugas untuk menjalankan aplikasi yang sebelumnya sudah melalui tahapan komputasi pada prosesor. Jadi, setelah prosesor mengolah komputasi data dari sebuah aplikasi maka akan langsung diteruskan ke RAM supaya aplikasi tersebut bisa ditampilkan. Sehingga, semakin banyak aplikasi yang dijalankan, maka semakin berkurang pula kapasitas sebuah RAM. Begitu kira-kira pengertian singkat serta cara kerja RAM di smartphone. Kurang lebih serupa dengan cara kerja RAM yang ada pada PC.

Saat ini sendiri perkembangan smartphone sudah sedemikian pesatnya, sehingga kapasitas RAM yang yang ada pada sebuah smartphone juga semakin meningkat. Maka gak heran, saat ini kita menemukan smartphone dengan kapasitas RAM besar seperti 2 GB, 3GB, 4GB, sampai dengan 6 GB yang sangat gampang dijumpai di pasaran. Namun, berbeda urusannya kalau smartphone yang Sobat miliki saat ini hanya punya kapasitas RAM sebesar 512 MB, ataupun 1 GB saja. Hal tersebut tentunya membuat Sobat tidak bisa leluasa menjalankan aplikasi karena keterbatasan kapasitas memori RAM. Dan jika sudah begitu, maka Sobat pun harus sabar untuk tidak membuka banyak aplikasi secara serentak supaya smartphone android tidak lemot atau hang.

Menambah RAM Android

Advertisement

Kalau memang Sobat termasuk pemilik smartphone/ponsel android dengan kapasitas RAM kecil dan sudah kesal karena smartphone lemot saat menjalankan aplikasi, maka ada baiknya Sobat mempertimbangkan untuk menambah kapasitas RAM pada smartphone. Sebenarnya, kata “menambah” disini hanyalah sebuah istilah, bukan Sobat mengganti sebuah RAM berkapasitas 512 MB dengan RAM berkapasitas 3 GB, karena memang tidak mungkin menambah kapasitas RAM pada smartphone karena komponen tersebut sudah paten menjadi satu dengan chipset sehingga menambah kapasitasnya bisa dibilang hampir mustahil. Berbeda dengan RAM pada komputer PC dimana kita bisa mengganti dan menambahnya sesuka hati.

Menambah/memperbesar RAM android disini adalah mengambil alih ruang memori kosong yang ada pada smartphone baik itu pada memori internal maupun memori eksternal supaya bisa dimanfaatkan untuk tempat penyimpanan memori pada RAM, sehingga seolah-olah kapasitas RAM android bertambah. Nah, apabila Sobat mau smartphone android punya performa yang cepat lagi maka bisa mengikuti tutorial cara menambah RAM android yang akan Teknosoul ulas berikut. Cara memperbesar RAM ini pun bisa digunakan untuk android root maupun tanpa root. Ini dia caranya.

Menambah RAM Android Root

1. Aplikasi RAM Expander

Kalau smartphone android Sobat sudah dalam keadaan di-ROOT, maka bisa menggunakan salah satu aplikasi penambah RAM android bernama RAM Expander. Salah satu aplikasi terbaik penambah RAM, RAM Expander ini mengandalkan memori eksternal/SD Card sebagai media virtual memori (memori bayangan), sehingga memori yang diolah pada RAM sebagiannya akan dialokasikan ke SD Card supaya tidak terlalu menumpuk.  Akan tetapi kalau smartphone Sobat belum di-ROOT namun mau menjajal aplikasi ini maka bisa lihat tutorial cara ROOT android disini dan disini. Untuk mendapatkan RAM Expander Sobat bisa mengunduhnya via Google Play Store dengan harga Rp 50.000. Cara menggunakan RAM Expander adalah sebagai berikut:

Menambah RAM Android

  1. Kalau Sobat belum punya aplikasi ini, bisa download dulu via Play Store disini.
  2. Install seperti biasa dan jalankan aplikasinya.
  3. Pilih SDCard Directory karena memang Sobat akan menggunakan SDCard (memori eksternal) sebagai media penambahan RAM.
  4. Selanjutnya, Sobat bisa mengatur berapa besaran memori (dalam ukuran MB) yang mau digunakan. Silahkan Sobat sesuaikan dengan kapasitas pada memori microSD. Tapi kalau Sobat tidak begitu paham, Sobat bisa memilih Optimal Value supaya sistem secara otomatis mendeteksi kapasitas memori microSD yang Sobat gunakan.
  5. Pada Swappiness, disana akan disediakan besaran angka dari 0 sampai dengan 100. Karena setiap merek smartphone berbeda tingkatan angka swappiness nya, maka Sobat bisa mencoba-coba angka yang pas sesuai dengan tipe smartphone Sobat. Tapi biasanya angka yang pas untuk swappiness ini adalah dari mulai 40-50. Biasanya loh ya, Sob.
  6. Kalau Sobat sudah selesai mengatur Optimal Value dan Swappiness, maka tinggal pilih Swap Activ untuk memulai proses penambahan kapasitas RAM. Jangan lupa juga Sobat memilih Autorun supaya aplikasi secara otomatis berjalan sendiri tanpa harus Sobat melakukan setting lagi dari awal.
  7. Silahkan Sobat tunggu sampai proses tadi selesai. Perlu diingat, waktu pemrosesan tersebut biasanya berlangsung agak lama, sesuai dengan kapasitas microSD yang Sobat gunakan.
  8. Selesai, sekarang smartphone Sobat sudah mempunyai RAM bayangan sehingga tidak membuat smartphone lemot lagi.

Tips untuk menggunakan aplikasi penambah kapasitas RAM, RAM Expander ini adalah usahakan Sobat menggunakan kartu microSD/memori eksternal dengan spesifikasi class 8 atau 10 supaya performanya lebih baik lagi.

Baca Juga: Cara Mempercepat Koneksi Internet Android 3G/4G Root dan Tanpa Root

2. Aplikasi Swapper For Root

Menambah RAM Android

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk menambah kapasitas RAM adalah Swapper for Root. Sama dengan RAM Expander, aplikasi ini juga membutuhkan kartu microSD sebagai media penambahan memorinya. Silahkan Sobat gunakan kartu microSD yang sudah mendukung spesifikasi class 8 keatas supaya kemampuan bacanya lebih cepat. Cara menggunakan Swaper For Root adalah sebagai berikut:

  1. Kalau Sobat belum punya aplikasinya, silahkan download dulu disini via Google Play secara gratis.
  2. Install seperti biasa dan jalankan aplikasi Swapper For Root.
  3. Pilih Swapp on Boot.
  4. Selanjutnya Sobat disuruh mengisi kapasitas memori atau Swappiness Value yang diinginkan. Silahkan Sobat isi sesuai dengan kapasitas memori eksternal microSD yang digunakan.
  5. Pastikan pilihan Enable SWAP to Start Android sudah dalam keadaan ter-ceklis.
  6. Selanjutnya pilih Create Swapp.
  7. Tunggu sampai proses selesai.

Itu dia cara menggunakan Swapper For Root, selain mudah aplikasi tersebut juga bisa didapatkan secara gratis. Sebagai info, besaran kapasitas 256 MB – 512 MB pada nilai Swappiness Value biasanya sudah cukup ampuh untuk memperlancar kinerja smartphone android.

Menambah RAM Android Tanpa Root

1. Aplikasi Smart Booster

Dahulu, aplikasi ini bernama Smart RAM Booster, namun sekarang lebih dikenal dengan Smart Booster. Berbeda dengan dua aplikasi sebelumnya yang menggunakan kartu microSD sebagai media untuk meningkatkan kapasitas RAM, pada aplikasi Smart Booster ini hanya akan mengatur aplikasi serta sistem yang tidak dipakai dan tidak terlalu penting pada smartphone supaya lebih memperlancar kinerja RAM sehingga performa ponsel jadi lebih gesit. Selain itu, kelebihan Smart RAM Booster ini adalah ukuran APK nya yang kecil sehingga ringan untuk dijalankan. Cara menggunakan Smart Booster adalah sebagai berikut:

Menambah RAM Android

  1. Silahkan Sobat unduh Smart Booster di Play Store secara gratis disini.
  2. Install seperti biasa dan jalankan aplikasinya.
  3. Klik atau tap Start Now untuk memulai.
  4. Silahkan Sobat masuk ke menu Setting > Boost Level untuk mengubah jenis RAM Boost-nya. Di menu tersebut disediakan 4 level boost yaitu Gentle, Medium, Strong dan paling tinggi adalah Aggressive. Kalau Sobat menginginkan performa RAM lebih ngacir lagi, bisa memilih level Aggressive.
  5. Masih pada menu Setting di Ram Boost, pastikan pilihan Boost When Screen Off dalam keadaan tercentang dan Delay To Boost When Screen Off berada dalam posisi Immediately.
  6. Jika pilihan-pilihan tadi sudah sesuai, silahkan Sobat kembali ke menu utama dan tap atau klik gambar roket kecil untuk memulai proses boost.
  7. Selesai, kini RAM smartphone Sobat sudah lebih lega dari sebelumnya.

2. Aplikasi < 2GB RAM Booster

Aplikasi memperbesar RAM yang satu ini terbilang baru, namun merupakan salah satu aplikasi penambah RAM terbaik yang bisa Sobat coba. Aplikasi ini bisa didapatkan secara gratis di Play Store dan juga punya kapasitas APK yang kecil sehingga lebih hemat ruang memori. Berbeda dengan aplikasi lainnya, aplikasi < 2GB RAM Booster ini menawarkan proses penambahan RAM yang mudah, simpel dan cepat tanpa harus Sobat berlama-lama melakukan pengaturan. Hanya dengan beberapa langkah sederhana saja kapasitas RAM Sobat sudah bertambah. Cara menggunakan < 2GB RAM Booster adalah sebagai berikut:

Menambah RAM Android

  1. Download dulu aplikasinya disini.
  2. Install dan jalankan seperti biasa.
  3. Pertama kali dijalankan Sobat langsung dihadapkan dengan sebuah gambar prosesor dengan tulisan Boost ditengahnya. Sobat cukup mengklik atau tap tulisan Boost tersebut.
  4. Tunggu beberapa detik, dan memori RAM di smartphone Sobat sekarang sudah lebih lega dari sebelumnya.

Gimana Sob? Gampang bukan cara menggunakan aplikasi penambah RAM 2GB RAM Booster tersebut? selain mudah, smartphone Sobat pun tidak perlu dalam keadaan ROOT jika ingin mencoba aplikasi tersebut. Kalau smartphone Sobat punya kapasitas RAM dibawah 2 GB yaitu sebesar 1 GB ataupun 512 MB, bisa mencoba aplikasi lainnya di sini (RAM 1 GB) dan di sini (RAM 512 MB).

Itu dia mengenai tutorial cara memperbesar/menambah RAM android tanpa ROOT dan ROOT. Aplikasi yang dibahas diatas adalah merupakan sebagai alternatif aplikasi penambah RAM zRAM maupun Juwe RAM Script. Adapun aplikasi penambah RAM tersebut bisa Sobat dapatkan secara gratis, kecuali aplikasi penambah RAM, RAM Expander yang mengharuskan Sobat membayar sebesar Rp 50.000.

Kesimpulan yang bisa diambil disini adalah menambah kapasitas RAM bukanlah seperti mengganti RAM pada komputer PC biasa dimana Sobat bisa mengganti RAM kapasitas 512 MB yang kemudian menggantinya dengan kapasitas yang lebih besar semisal 1 GB maupun 2 GB. Memperbesar/menambah RAM disini adalah memanfaatkan ruang memori yang ada pada memori eksternal maupun internal sebagai tempat dapur pemrosesan tambahan sehingga RAM lebih leluasa dalam mengolah komputasi data aplikasi-aplikasi yang saat itu sedang dijalankan.

Untuk Sobat yang memiliki smartphone dengan kapasitas RAM yang tidak terlalu besar seperti Samsung Galaxy Ace 3, Samsung Galaxy Mini, Galaxy V, Galaxy Young, Evercoss, Mito, Smartfren Andromax maupun Asus Zenfone 4 atau juga smartphone lainnya tentu bisa mencoba cara ini supaya kapasitas memori RAM smartphone Sobat lebih lega lagi. Semoga tips tentang menambah kapasitas RAM smartphone Android ini bisa bermanfaat. Sampai jumpa dan selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • cara menambah ram android root
  • cara menambah ram android dengan memori internal
  • cara menambah ram android dengan ram expander
  • ram expander tanpa root
  • aplikasi penambah ram android root
  • cara menambah ram android tanpa root
  • menambah ram android dengan sd card
  • cara menambah kapasitas ram android dengan memori eksternal
  • aplikasi penambah ram android tanpa root
  • cara menambah ram tanpa root
Cara Menambah RAM Android Tanpa ROOT dan ROOT Mudah dan Cepat | ikbal fauzi | 4.5