Memperbaiki Memory Card MicroSD Rusak Tidak Terbaca dan Minta Diformat

Memperbaiki Memory Card MicroSD Rusak Tidak Terbaca dan Minta Diformat – Sobat pastinya sudah tau kan apa itu microSD dan apa fungsi barang tersebut. Kartu memori atau biasa disebut dengan microSD adalah sebuah memori tambahan dengan bentuk kecil yang berfungsi sebagai media alternatif untuk menyimpan file-file terutama yang ada pada smartphone. Meskipun sekarang ini banyak smartphone yang sudah menawarkan memori internal dengan kapasitas besar, namun tetap saja keberadaan microSD ini sangat penting terutama buat pengguna smartphone yang memiliki banyak sekali file dalam jumlah yang besar.

Sebagaimana barang elektronik lainnya, microSD juga bisa rusak,Sob. Biasanya hal yang paling sering dikeluhkan para pengguna smartphone yang microSD nya rusak adalah microSD (kartu memori) selalu minta format, microSD tidak terbaca, dan lain sebagainya. Kalau memori SD Card sudah mengalami tanda-tanda kerusakan seperti itu, maka tentunya Sobat sebagai pemilik kartu memori yang rusak akan langsung panik dan was-was khawatir data-data penting yang ada didalamnya bakal hilang terhapus.

Memperbaiki microSD Rusak

Advertisement

Baca Juga: 6 Cara Mudah dan Ampuh Mengembalikan File Yang Hilang Di Android

Nah, buat Sobat yang saat ini memori microSD nya sedang rusak, maka Teknosoul punya tips dan trik mengenai cara memperbaiki memory card (microSD) rusak, baik itu sd card yang tidak terbaca, maupun kartu memori yang minta diformat. Untuk cara memperbaiki microSD rusak ini, Sobat bisa menggunakan fitur yang tersedia di komputer ataupun menggunakan aplikasi jika memang memory card yang Sobat milki tersebut sudah tidak bisa diperbaiki. Ini dia cara memperbaiki microSD rusak versi Teknosoul.

Penyebab Memory Card (MicroSD) Rusak

Sebelum masuk ke pembahasan utama yakni memperbaiki kartu memori (microSD) yang rusak, penting buat Sobat ketahui beberapa hal yang menyebabkan microSD jadi rusak. Beberapa penyebab tersebut antara lain.

1. Kualitas microSD yang Kurang Bagus

Ini merupakan poin terpenting saat Sobat memutuskan membeli microSD. Sama seperti memilih barang lainnya, Sobat tentunya harus mempertimbangkan merek microSD yang Sobat beli. Semakin terkenal merek microSD tersebut dan semakin banyak orang yang merekomendasikan microSD tersebut, maka biasanya kualitas yang dimiliki pun sangat baik. Namun tentu saja, memori card (microSD) yang bagus punya harga yang relatif mahal, tapi itu tentunya akan berbanding lurus dengan kualitas yang ditawarkan sehingga microSD bisa bertahan lama dan gak gampang rusak.

2. Umur microSD yang Terlalu Tua

Meskipun microSD yang Sobat miliki adalah microSD terbaik dikelasnya, tapi kalau microSD tersebut sudah dipakai belasan atau bahkan mungkin puluhan tahun, maka tentunya performa yang dimiliki juga akan menurun drastis, sehingga menyebabkan microSD rusak.

3. Penggunaan Kartu Memori (microSD) yang Salah

Menggunakan microSD juga ternyata ada teknik tersendiri, Sob. Misalkan saat Sobat mau melepaskan microSD dari slot memori atau meng-eject memori, maka tentunya gak boleh dilakukan sembarangan dengan langsung mencabut atau melepas begitu saja microSD tersebut. Sobat harus melakukan eject manual pada smartphone saat mau mencabut microSD. Caranya adalah dengan masuk ke setting > microSD > unmount sdCard.

Dengan begitu, apabila ada data yang sedang berjalan pada microSD maka sistem akan secara otomatis memberhentikan proses pembacaan data tersebut. Berbeda saat microSD dilepas secara begitu saja, maka data yang sedang berjalan akan secara paksa diberhentikan sehingga memori card (microSD) akan lebih mudah rusak. Dan kalau Sobat terus menerus melepas microSD tanpa melakukan eject terlebih dahulu, maka tentunya microSD akan cepat rusak.

Baca Juga: Cara Praktis Menghilangkan Iklan Di Android ROOT dan Tanpa ROOT

Cara Memperbaiki Kartu Memori SD Card (microSD) Rusak

Untuk memperbaiki microSD yang rusak ini tentunya ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Baik cara yang mudah sampai dengan cara yang agak-agak sulit. Berikut ini caranya.

1. Cara Pertama

Silahkan Sobat siapkan penghapus yang bagus dengan tekstur yang lembut dan lunak. Ambil microSD yang tidak bisa terbaca, kemudian gosok-gosokkan secara perlahan penghapus tadi ke bagian timah berwarna kuning emas yang ada di microSD. Lakukan beberapa lama lalu bersihkan sisa karet penghapus. Setelah itu coba lagi ke smartphone Sobat, apakah microSD sudah bisa terbaca atau belum. Biasanya lapisan timah yang ada di microSD kotor sehingga mengganggu proses pembacaan data yang dilakukan oleh smartphone. Cara ini bisa dilakukan untuk mengatasi kartu memori SD card yang tidak terbaca.

2. Cara Kedua

Cara selanjutnya adalah cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat kalau pada memory card (microSD) Sobat tidak terdapat data-data yang penting, sehingga bukan sebuah permasalahan yang besar kalau Sobat memformat microSD tersebut. Kalau Sobat mau memformat microSD lewat smartphone, maka bisa masuk ke menu setting > storage > erase SD card. Tapi kalau Sobat mau memformat SD card lewat komputer maka pada nama microSD Sobat tinggal klik kanan > format > start setelah sebelumnya menghubungkan microSD ke komputer dengan card reader.

3. Cara Ketiga

Kalau Sobat menginginkan cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat, maka bisa melakukannya lewat PC atau laptop. Hubungkan terlebih dahulu kartu microSD yang rusak ke komputer lewat card reader, kemudian pada nama microSD/flashdisk klik kanan > properties > tools > check now > beri centang pada “automatically fix file system errors” dan “scan for and attempt recovery of bad sector” > start. Cara ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki USB flashdisk yang rusak.

Memperbaiki microSD Rusak

4. Cara Keempat

Cara selanjutnya juga berlaku untuk cara mengatasi kartu sd rusak tanpa format. Cara ini menggunakan fitur yang juga disediakan pada komputer yaitu CMD. Caranya, klik start > ketik “CMD” di bar pencarian > ketik “chkdsk h: /f” (tanpa tanda kutip) > enter. Huruf “h” adalah tempat dimana microSD terbaca, kalau microSD terbaca pada “I” maka ganti dengan “I”. Biarkan beberapa waktu sampai sistem mendeteksi permasalahan yang ada pada microSD. Kalau kemudian muncul “Windows Has Made Corrections To The File System”, maka itu artinya microSD ataupun flashdisk yang Sobat yang rusak berhasil diperbaiki.

Memperbaiki microSD Rusak

5. Cara Kelima

Cara ini juga untuk memperbaiki kartu memori yang minta diformat, namun cara ini dilakukan kalau ke semua cara diatas tidak berhasil. Cara ini adalah menggunakan software bernama EaseUS Data Recovery. Software ini berguna untuk memindahkan semua data-data yang ada pada memory card (microSD) yang rusak untuk selanjutnya dipindahkan ke tempat lain. Untuk software EaseUS ini bisa Sobat dapatkan disini.

Cara menggunakan EaseUS adalah silahkan hubungkan terlebih dahulu microSD yang rusak ke komputer kemudian buka softwarenya. Kalau microSD atau flashdisk Sobat yang rusak sudah terdeteksi, maka klik “start”. Saat semua file sudah terlihat, tinggal Sobat pilih file-file tersebut lalu klik “recover” dan simpan ke directory yang diinginkan. Setelah semua file berpindah, maka Sobat tinggal memformat microSD atau flashdisk yang terus menerus minta diformat tersebut dan memindahkan kembali data-data ke microSD.

Baca Juga: Cara Menambah RAM Android Tanpa ROOT dan ROOT Mudah dan Cepat

Itu dia tadi beberapa cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat dan tanpa menghilangkan isinya, cara tersebut bisa digunakan kalau kartu SD card rusak minta format secara terus menerus. Selain itu, untuk bisa memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali Sobat bisa mencoba cara mudah yang sudah disebutkan diatas. Selain microSD rusak, cara ini juga bisa digunakan untuk memperbaiki flashdisk yang terus menerus minta diformat.

Namun, kalau semua cara diatas sudah dicoba tapi microSD atau flashdisk Sobat masih saja tetap rusak (microSD rusak total), maka terpaksa Sobat harus mengiklaskan memori tersebut karena bisa jadi microSD atau flashdisk tersebut sudah melampaui batas umur pemakaian. Untuk menghindari kejadian ini berulang, Sobat bisa melakukan backup data microSD atau flashdisk secara rutin, untuk berjaga-jaga kalau suatu saat nanti microSD Sobat rusak. Demikian tips mengenai cara memperbaiki kartu memori (microSD) rusak error, minta diformat dan tidak terbaca tanpa menghilangkan isinya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Incoming search terms:

  • cara memperbaiki kartu memori yang rusak tanpa memformat
  • cara memperbaiki sd card yang tidak terbaca tanpa format
  • kartu sd rusak minta format
  • cara memperbaiki memori hp yang rusak tanpa diformat
  • cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca sama sekali
  • cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca tanpa diformat
  • cara memperbaiki kartu memori yang minta diformat
  • cara memperbaiki sd card yang minta diformat
  • cara memperbaiki kartu sd yang rusak tanpa diformat
  • cara memperbaiki memory card yang rusak tanpa format
Memperbaiki Memory Card MicroSD Rusak Tidak Terbaca dan Minta Diformat | ikbal fauzi | 4.5