Spesifikasi Harga Review Asus X550IU, Laptop Gaming Asus Murah VGA AMD RX460

Meskipun saat ini pasar teknologi lagi dibanjiri oleh kehadiran smartphone-smartphone dengan spesifikasi tinggi yang dibarengi dengan harga bersahabat, pasar komputer tepatnya laptop juga tentunya gak mau kalah nih, Sob. Seperti halnya pabrikan Asus yang selain menghadirkan smartphone terbaru juga menghadirkan jagoan paling anyar mereka berjenis laptop gaming. Untuk laptop gaming Asus terbaru ini mengusung nama Asus X550IU dimana membawa teknologi terbaru dari sisi prosesor.

Ya, Asus X550IU spesifikasi nya memang cukup mentereng, dimana prosesor yang dibawa tergolong teknologi terbaru saat ini dikelasnya. Gak hanya dari prosesor, Asus juga menghadirkan terobosan untuk bagian vital lainnya, yaitu kartu Video Graphic. Namun begitu, latptop yang diproyeksikan sebagai notebook entry gaming ini dibanderol dengan harga yang terbilang ekonomis, tidak sampai menyentuh angka 10 juta. Nah, Sobat penasaran kan mengenai kelebihan dan kekurangan Asus X550IU, lalu apa saja spesifikasi Asus X550IU yang dibawa? Langsung aja simak ulasan mengenai Asus X550IU review berikut.

Review Asus X550IU

Body Solid Dengan Motif Menarik

Sudah sewajarnya kalau sebuah laptop gaming memiliki tampilan yang berbeda dibandingkan laptop yang memiliki spesifikasi dan kegunaan untuk kebutuhan harian standar. Sadar akan hal tersebut, Asus X550IU datang dengan menghadirkan body yang keren dimana menanamkan karakter gaming yang sangat kuat. Material body yang dibawa memang gak terlalu istimewa, dimana keseluruhan bodynya terbuat dari bahan plastik.

Asus X550IU

Advertisement

Baca Juga: Spesifikasi Acer Aspire E5-553G, Laptop Gaming Murah Bawa AMD 7th GEN

Meski begitu, material plastik tersebut mampu menghadirkan kesan solid yang tinggi dan juga menghasilkan bobot laptop yang cukup nyaman untuk Sobat tenteng kemana-mana dengan berat total 2.45 Kg. Selain itu, laptop ini juga punya aura gaming sangat kental yang dipancarkan dari motif desain ROG yang dibawa. Motif berwarna merah terang tersebut berpadu dengan warna dasar laptop Hitam sehingga memunculkan sebuah kombinasi yang sangat menarik. Selain bisa terlihat dari bagian depan, motif ROG tersebut juga bisa Sobat temui pada bagian dalam tepatnya di setiap tepian keyboard dan palm rest. Mantap!

Hal lainnya yang bisa ditemukan pada bagian dalam laptop ini adalah Asus juga menyematkan tekstur spun-circle yang menghadirkan titik dots kecil yang menyelimuti area palmrest. Kehadiran tekstur finishing tersebut menjadikan laptop ini punya tampilan yang sedikit doff sehingga tidak licin saat area tangan Sobat berada diatasnya. Kemudian untuk ukurannya sendiri, Asus X550IU punya dimensi 38.0 x 25.1 x 2.92 cm sehingga nampak gak terlalu tebal.

Supaya bisa membuat pengguna gamers nya makin nyaman saat menggunakan laptop ini, Asus menghadirkan touchpad luas yang turut disertai input multi touch untuk memudahkan navigasinya. Selain itu, turut dihadirkan juga fitur Smart Gesture pada touch pad tersebut yang membuat penggunanya bisa mengoperasikan laptop Asus X550IU tanpa perlu menggunakan bantuan mouse. Terakhir, untuk menjaga tangan khususnya area pergelangan tangan Sobat tetap nyaman, Asus juga menyematkan teknologi IceCool Technology yang membuat area palm rest laptop tetap terasa dingin meskipun mesin terus menerus hidup.

Bawa Layar Seluas 15 Inch

Menyesuaikan dengan kegunaannya dimana untuk bermain game, layar Asus X550IU mengusung dimensi seluas 15.6 inch yang cukup luas untuk menampilkan tontonan grafis. Layar tersebut bahkan sudah memiliki kesanggupan untuk menampilkan resolusi Full HD 1080p alias 1920×1080 dengan aspect ratio 16:9. Dengan resolusi seperti itu seharusnya layar Asus X550IU bisa menghasilkan tampilan yang mumpuni. Namun, beberapa reviewers menganggap bahwa akurasi warna serta view angle yang dihasilkan layar laptop gaming Asus ini kurang mumpuni. Mungkin itu semua imbas dari banderol harganya yang ekonomis. Tapi, semuanya tentu kembali lagi ke penilaian masing-masing individu.

Andalkan Prosesor AMD Generasi Terbaru

Sekarang beralih ke sektor jeroan. Meskipun merupakan laptop gaming dibawah 10 juta, tapi spesifikasi Asus X550IU cukup mencengangkan. Pada laptop ini, dihadirkan prosesor generasi terbaru dari AMD 7th Gen APU yang membawa Accelerated Processing Unit terbaik yakni AMD APU FX-9830P. Prosesor tersebut juga diklaim bisa menghasilkan tenaga lebih baik dari brand kompetitornya yakni Acer yang sudah terlebih dahulu mencicipi prosesor AMD 7th Gen APU dalam seri Acer Aspire E5-553G dimana mengadopsi AMD APU FX-9800.

Asus X550IU

Baca Juga: Spesifikasi dan Review HP 15-ba004ax, Laptop Gaming Murah 5 Jutaan

Selain telah disuntikkan prosesor AMD 7th Gen APU FX generasi paling baru, otak komputer tersebut juga pastinya bisa menghasilkan proses olah data yang lebih cepat dibandingkan prosesor generasi sebelumnya. Tercatat, prosesor 7th Gen AMD® APU FX™-9830P yang dibawa Asus X550IU memiliki top speed standar sebesar 3.0 GHz. Sobat juga tentunya masih bisa berkesperimen untuk meningkatkan kecepatan prosesor tersebut dimana sanggup di over clock lagi sampai dengan batas kecepatan maksimal hingga 3.7 GHz.

Hal lainnya yang disematkan Asus pada laptop gaming terbarunya ini adalah AMD Advance Power Management (APM). Teknologi tadi berfungsi untuk mengatur proses kerja prosesor supaya dapat berjalan sebagaimana yang dibutuhkan. Hal tersebut membuat laptop ini memiliki tingkat efisiensi tenaga yang sangat baik sehingga membuat baterai jadi memiliki daya tahan yang lebih tahan lama karena memang prosesor akan bekerja sesuai dengan kebutuhan saja.

Laptop gaming yang berjalan pada sistem operasi DOS ini juga ditunjang dengan memori RAM dengan kapasitas besar mencapai 8 GB. Gak hanya itu, kapasitas memori RAM yang besar tersebut juga ditunjang dengan kemampuan transfer rate yang mumpuni dimana berjenis DDR5 2133MHz. Dan sama seperti halnya laptop gaming lain, Asus X550IU juga mengusung slot RAM Dual Channel sehingga Sobat bisa memasang RAM tambahan dengan kapasitas hingga 16 GB. Dengan begitu, proses multitasking dan kegiatan bermain game pun jadi lebih lancar bebas lag.

Nah, yang jadi kelebihan Asus X550IU FX9830P selanjutnya terletak pada sisi kartu grafis alias VGA. Pada sektor ini, Asus menghadirkan VGA dengan teknologi AMD Polaris. Kemunculan laptop gaming pertama yang menghadirkan arsitektur Polaris pada GPU VGA ini tentu membuat Asus selangkah lebih unggul dibandingkan para pesaing terdekatnya. Tepatnya, teknologi Polaris tersebut sudah hadir didalam VGA AMD Radeon RX 460.

Sebagaimana dikutip dari Jagat Review, kartu grafis VGA AMD Radeon RX 460 tersebut menghadirkan GPU berarsitektur Graphics Core Next (GCN) 4th Generation dengan proses FinFET 14 nm yang membuatnya lebih unggul dalam hal efisiensi daya. Selain unggul dalam hal teknologi, VGA AMD Radeon RX 460 yang dibawa juga mengusung kapasitas memori VRAM yang besar mencapai 4 GB berjenis DDR5 1.200 MHz (maksimal) untuk memberikan pengalaman proses olah grafis yang lebih cepat.

Kemudian soal kapasitas hardisk yang dibawa, Asus X550IU ini menghadirkan HDD yang cukup memadai untuk ukuran sebuah laptop gaming dimana berkapasitas 1 TB. Kapasitas hardisk tersebut masih bisa Sobat tingkatkan dengan bantuan SSD jenis SATA dengan kapasitas maksimal 256 GB sehingga Sobat bisa menginstal lebih banyak game seru dan terbaik lainnya tanpa perlu was-was kapasitas hardisk akan cepat berkurang.

Asus X550IU

Baca Juga: Spesifikasi Xiaomi Mi Notebook Air, Notebook Perdana Bawa RAM 8 GB

Ada fitur andalan lainnya yang disematkan Asus pada laptop gaming Asus X550IU ini guna memperlancar proses saat bermain game. Pertama, adalah Freesync™ dimana fitur tersebut bermanfaat untuk menghilangkan tearing, stuttering, dan lag yang kerap muncul saat laptop digunakan untuk bermain game. Selanjutnya ada DirectX12 dimana menghasilkan responsifitas tinggi saat Sobat bermain game sehingga game akan berjalan lebih mulus. Lalu, ada juga teknologi HEVC yang memungkinkan Sobat menikmati tayangan multimedia dengan resolusi hingga Ultra HD 4k. Terakhir, ada ASUS SonicMaster Technology yang bakal membuat suara yang dihasilkan saat bermain game atau menonton film jadi makin menggelegar.

Setelah mengetahui Asus X550IU spesifikasi tadi, maka pertanyaan yang biasanya bakal terlontar adalah game yang cocok untuk Asus X550IU. Sebagaimana yang sudah TeknoSoul himpun dari berbagai sumber, laptop gaming Asus X550IU ini sanggup menjalankan game-game seperti Tomb Raider, The Witcher 3, Battlefield, dan Civilization 6. Tapi khusus untuk game seperti GTA V, Dota 2, dan Civilization Asus X550IU nampaknya harus bekerja ekstra keras lagi. Lalu untuk daya tahan baterai, Asus X550IU bisa bertahan 3 hingga 4 jam sebagaimana yang Teknosoul lansir dari Nerd Reviews.

Harga Asus X550IU

Sekarang masuk ke bagian yang paling ditunggu-tunggu yakni Asus X550IU harga. Seperti yang sudah sedikit disebutkan diawal review Asus X550IU tadi, laptop gaming Asus ini punya harga dibawah 10 juta. Tepatnya, Sobat harus menyiapkan kocek sebesar Rp 9.499.000 kalau mau membawa pulang laptop gaming ini. Tapi, harga yang harus dibayarkan tersebut tentunya sebanding dengan desain inovatif serta teknologi kekinian yang sudah dihadirkan pada prosesor dan VGA nya. Dan saat ini, Asus X550IU sudah tersedia di Indonesia.

Kelebihan dan Kekurangan Asus X550IU

Kelebihan

Kekurangan

(+) Desain keren dengan motif ROG

(+) Prosesor AMD generasi terbaru

(+) VGA teknologi terkini dengan arsitektur polaris

(+) Kapasitas hardisk lega 1 Tera Byte

(+) Kapasitas RAM lega jenis DDR5

(+) Sudah support DirectX 12

(+) Support multimedia resolusi 4k

(+) Harga ekonomis dibawah 10 juta

(-) Tampilan warna layar dirasa kurang (relatif)

(-) Daya tahan baterai kurang lama

Spesifikasi Asus X550IU

Prosesor

7th Gen AMD APU FX 9830P, 3.0 GHz up to 3.7 GHz

Sistem Operasi

DOS

VGA

AMD Radeon RX 460 Graphics with 4GB DDR5

RAM

8 GB DDR4 2133MHz up to 16 GB (Dual Channel Support)

HDD

1000 GB + 256 GB SSD

Ukuran Layar

15,6” Full HD (1920×1080) 16:9 Anti Glare

Dimensi

38.0 x 25.1 x 2.92 ~31.7 cm

Bobot

2.45 Kg

Baterai

4-cell 44 Whrs Battery

Card Reader

Yes, Multi-format card reader

Web Cam

VGA Web Camera

WiFi

Integrated 802.11b/g/n

Bluetooth

Built-in Bluetooth V4.0 (Optional)

Interface

1 x COMBO audio jack
1 x VGA port
2 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert

Harga

Rp 9.499.000

Spesifikasi Harga Review Asus X550IU, Laptop Gaming Asus Murah VGA AMD RX460 | ikbal fauzi | 4.5