10 Masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro Yang Sering Dikeluhkan dan Cara Mengatasinya

Kalau ditanya mengenai, smartphone android apa yang punya performa oke, spesifikasi mantap, dan sangat populer dikalangan pengguna smartphone android khususnya tanah air? Maka sebagian besar orang tentunya akan sepakat menjawab merk Xiaomi. Hal tersebut memang sangat wajar, mengingat beberapa tahun ini smartphone Xiaomi sudah merebut hati jutaan android user di Indonesia lewat spesifikasi dan fiturnya yang aduhai serta harga yang bisa membuat kantong tetap tebal.

Tapi diantara deretan keunggulan smartphone Xiaomi dibanding merek smartphone android lainnya, hadir satu kelemahan yang bukan lagi menjadi rahasia bersama, yakni masih banyak ditemukan belum resminya garansi yang dimiliki alias biasa disebut sebagai garansi distributor. Dengan masih melekatnya “status” garansi distributor pada HP Xiaomi tersebut, maka menyebabkan jeroan Xiaomi terutama pada perangkat lunaknya juga sebagian besar masih terdapat berbagai gangguan/error karena memang belum teruji secara penuh oleh pihak-pihak resmi yang menyeleksi kelayakan suatu smartphone khususnya Xiaomi di tanah air.

Masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Advertisement
Via Om-Zenmi

Maka dari itu, tidak mengherankan kalau banyak ditemukan keluhan pada Xiaomi yang jumlahnya cukup beragam. Di Indonesia sendiri, smartphone Xiaomi yang cukup populer digunakan adalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Hal tersebut tidak mengherankan karena memang Xiaomi Redmi Note 3 Pro punya spesifikasi yang cukup menggiurkan dari mulai chipset ngebut, RAM besar, resolusi kamera mumpuni sampai dengan harga yang terjangkau.

Oleh karenanya, maka saat ini lumrah dijumpai berbagai masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Untuk Sobat yang barangkali saat ini menggunakan smartphone ini dan sedang menemukan masalah pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro, maka mudah-mudahan tips dan trik mengenai masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro dan cara mengatasinya ini bisa membantu.

1. Jaringan 4G LTE Hilang Pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Smartphone Sobat Xiaomi Redmi Note 3 Pro tidak bisa 4G? Nah, buat Sobat yang saat ini baru membeli xiaomi redmi note 3 pro dan tidak bisa mengakses internet pada jaringan 4G, maka bisa mengikuti cara mengaktifkan jaringan 4G Xiaomi Redmi Note 3 Pro berikut. Hal tersebut terjadi karena jaringan 4G pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro sengaja dikunci (lock), karena peraturan di Indonesia sendiri saat ini mengharuskan smartphone 4G diharuskan memenuhi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) minimal 30% pada komponennya.

Dan besar kemungkinan Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang Sobat dapatkan merupakan jenis garansi distributor yang didapat dari jalur impor, maka otomatis perangkat tersebut tidak memenuhi autran TKDN di Indonesia. Untuk cara unlock 4G Redmi Note 3 Pro, bisa Sobat ikuti cara berikut.

  1. Silahkan Sobat lakukan dial pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro dengan mengetik *#*#4636#*#* atau bisa juga masuk ke Pengaturan > scroll ke bawah lalu pilih Tentang Ponsel (About Phone) > pada info memori internal tap sebanyak 5x atau lebih.
  2. Klik Informasi Telepon 1.
  3. Scroll ke bawah, lalu pada “setel jenis jaringan yang disukai” tekan “LTE/GSM/CDMA auto (PRL).
  4. Ganti pilihannya menjadi CDMA Only.
  5. Masuk lagi ke Pengaturan, kemudian pilih Kartu SIM & Jaringan Seluler > SIM 1 > Tipe Jaringan Prioritas > pilih Global.
  6. Selesai.

Setelah melakukan cara unlock 4G Redmi Note 3 Pro tersebut dengan benar, maka seharusnya smartphone Xiaomi Sobat sudah bisa menangkap sinyal 4G dengan lancar. Tapi hal tersebut gak berlaku kalau di daerah Sobat belum ter-cover sinyal 4G atau sudah terdapat sinyal 4G tapi lemah dan seringkali hilang sinyalnya. Kalau Sudah begitu, maka secara otomatis Xiaomi Redmi Note 3 Pro Sobat akan otomatis berjalan pada jaringan H+ atau H. Selain itu, kalau Sobat merestart smartphone, maka settingan akan kembali ke semula dan Sobat harus melakukan setting ulang seperti cara diatas supaya jaringan 4G bisa kembali ditangkap oleh smartphone.

Kemungkinan kedua penyebab hilangnya jaringan 4G pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro adalah karena smartphone Sobat melakukan update MIUI versi Global. Nah, untuk cara mengatasinya Sobat bisa mengembalikan ROM smartphone Xiaomi menjadi ROM China dengan cara flashing. Untuk cara flashing Xiaomi Redmi Note 3 Pro, bisa Sobat simak di halaman berikut.

Lalu, ada juga cara lainnya untuk memunculkan sinyal 4G LTE pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro, yaitu dengan menggunakan Teleservices. Tapi supaya bisa menggunakan cara ini, Xiaomi Sobat sudah dalam keadaan di Root. Untuk caranya, Sobat bisa ikuti langkah berikut.

  1. Buka X-Plore Manager. Kalau Sobat belum punya, bisa download di Play Store.
  2. Copy file Teleservices.apk ke system/priv-app/teleservice/. Untuk download Teleservices APK bisa Sobat dapatkan di sini.
  3. Buka Teleservices tadi lewat X-Plore dan pada bagian Permissions beri tanda ceklis Read dan Write pada Owner, tanda ceklis Read pada Group dan tanda ceklis Read pada Others (r-w/r/r).
  4. Restart perangkat Sobat. Selesai

2. Sensor Gyro, Accelerometer, Magnetic Tidak Bekerja Pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Seperti yang Sobat tau, keberadaan sensor Gyro memang sangat krusial terutama buat Sobat yang mau menikmati game maupun video lewat VR. Apalagi Xiaomi Redmi Note 3 Pro punya layar yang cukup lebar yang sangat cocok untuk menikmati sajian tersebut. Tapi ternyata ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa sensor Gyro pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro tidak berjalan, begitu juga dengan sensor lainnya semisal Accelerometer dan Magnetic.

Penyebab sensor Gyro, Accelerometer maupun Magnetic Xiaomi Redmi Note 3 Pro tidak berfungsi adalah karena adanya kerusakan file “persist.img”. Kalau saat ini Sobat kebetulan menemukan masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro terutama pada sensor yang tidak berfungsi, maka bisa menjajal cara berikut.

  1. Pertama, smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro Sobat sudah di Unlock Bootloader. Untuk cara Unlock Bootloader silahkan Sobat baca disini.
  2. Pastikan smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro Sobat menggunakan ROM resmi. Kalau belum, silahkan ganti terlebih dahulu ROM HP Xiaomi Sobat.
  3. Kalau smartphone Sobat sudah menggunakan ROM resmi, maka Sobat download ROM Fastboot yang sesuai dengan smartphone Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Untuk downloadnya, bisa Sobat cari disini.
  4. Setelah file ROM Fastboot selesai di download, silahkan Sobat extract filenya dan cari folder bernama “Images”. Kemudian di dalam folder tersebut cari file bernama “persist”.
  5. Silahkan Sobat paste file “persist” tadi ke folder yang didalamnya terdapat file “fastboot.exe”.
  6. Selanjutnya pada Adress Barr atau kolom search yang ada di PC, Sobat ketik “cmd” (tanpa kutip) untuk membuka Command Console.
  7. Silahkan matikan ponsel Sobat dan kemudian masuk ke mode Fastboot dengan menekan Volume (-) dan tombol Power.
  8. Saat ponsel sudah masuk ke mode Fastboot, sambungkan ponsel dengan komputer.
  9. Pada jendela CMD atau Command Console yang ada di PC, silahkan Sobat Copy-Paste dan jalankan satu persatu perintah berikut:

Fastboot Devices
Fastboot Erase Persist
Fastboot Flash Persist Persist.Img
Fastboot Reboot

Kalau urutan tadi sudah dijalankan dengan benar, seharusnya sensor Gyro, Accelerometer atau Magnetic pada Xiaomi Redmi Note 3 Pro sudah berjalan dengan baik. Kalau Sobat mau tau lebih jelasnya mengenai masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro pada sensor Gyro dan cara mengatasinya, maka Sobat bisa menuju ke forum Xiaomi disini.

Mungkin Sobat Suka: Cara Merubah Jaringan 3G Ke 4G Di Android Untuk HP Samsung, Xiaomi, Asus, Oppo, Lenovo

3. Muncul Notifikasi Activation SIM Card

Masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang satu ini memang termasuk jarang ditemukan dan hanya ditemukan beberapa kasus saja. Tapi, kalau kebetulan saat ini smartphone Xiaomi Sobat kedapatan memunculkan notifikasi ini, maka penyebabnya adalah karena Sobat belum melakukan verifikasi nomor HP di MiTalk. Cara yang bisa dilakukan sebenarnya cukup simpel. Pertama Sobat masuk ke halaman https://i.mi.com/, kemudian masukkan nomor HP Sobat yang digunakan untuk mendaftar di Mi Account. Tunggu SMS verifikasi yang berisikan nomor code, kemudian tinggal Sobat submit code tersebut.

4. Notifikasi Pada Status Bar Hilang atau Tidak Muncul

Untuk penyebab masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang ini cukup simpel, dimana ada settingan pada Xiaomi yang belum benar. Untuk memperbaikinya, silahkan Sobat masuk ke Security > Permission > App > kemudian ceklis atau tandai Enable Pop Up Window. Kalau sudah dilakukan, seharusnya notifikasi pada status bar sudah muncul dan normal kembali.

5. Kamera Xiaomi Redmi Note 3 Pro Tidak Bisa Digunakan

Keluhan pengguna Xiaomi Redmi Note 3 Pro lainnya adalah kamera tidak bisa digunakan. Dalam hal ini, saat ingin menggunakan kamera muncul peringatan “Can’t connect to camera” atau kamera tidak dapat terhubung. Untuk mengatasinya Sobat bisa menghapus data dan cache pada kamera dengan cara masuk ke Setting > Installed Apps >  Camera > Clear Data and Cache. Jika sudah, silahkan Sobat restart atau reebot ulang perangkat Xiaomi.

Kalau dengan cara tersebut masalah belum tuntas, maka Sobat bisa mengecek ROM MIUI versi berapakah yang digunakan pada Xiaomi Sobat. Kalau menggunakan versi 7, maka Sobat bisa downgrade MIUI menjadi versi 6 atau 6.1.29. Atau kalau masih tidak bisa juga, kemungkinan ada hardware yang bermasalah, Sobat bisa mengklaimnya ke distributor yang bersangkutan.

6. Xiaomi Redmi Note 3 Pro Tidak Bisa Install Aplikasi yang Ada di Play Store

Untuk mengatasi masalah ini, Sobat bisa membersihkan Data & Cache Play Store yang ada di smartphone. Lebih jelasnya, Sobat bisa mengikuti cara berikut.

  1. Pertama Sobat harus menghapus akun Play Store. Silahkan masuk ke Setting > Account > Google > Remove Play Store Account.
  2. Setelah itu, Sobat harus menghapus cache yang ada di Google Service Framework yaitu masuk ke Setting > Apps > All > Google Play Store > Clear Cache & Uninstall Update.
  3. Selanjutnya Sobat kembali lagi ke Setting > All > Download Manager > Clear Cache & Data.
  4. Berikutnya Sobat ulangi lagi kembali ke Setting > All > Google Service Framework > pilih Clear Cache & Data.
  5. Masuk ke Setting > Account > Google > Add Account > Enter Your Credential. Sobat dianjurkan membuat akun Gmail yang baru dan menghapus akun Gmail yang lama dengan Gmail yang baru.

7. Xiaomi Redmi Note 3 Pro Boros Baterai

Xiaomi Redmi Note 3 Pro memang dikenal akan kapasitas baterainya yang cukup besar. Tapi apa jadinya kalau smartphone Sobat tersebut sering kehabisan baterai atau boros baterai, padahal baru saja di charge dan tidak banyak digunakan menjalankan aplikasi. Penyebab masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang boros baterai tersebut adalah tidak lain karena ROM yang digunakan punya kesalahan sistem didalamnya. Biasanya ini terjadi pada ROM yang disebut ROM abal-abal atau ROM distributor. Solusinya, Sobat bisa flash ulang ROM tersebut dan mengganti dengan ROM Stable.

8. USB OTG Xiaomi Redmi Note 3 Pro Tidak Terdeteksi

Kalau smartphone Xiaomi Sobat tidak bisa menjalankan USB OTG, maka bisa menggunakan aplikasi bernama Stick Mount yang bisa Sobat dapatkan di Play Store. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, smartphone Sobat harus sudah di Root terlebih dahulu. Kalau smartphone Xiaomi Sobat belum di Root, maka mencoba menggunakan Total Commander yang juga bisa didapatkan di Play Store. Kalau aplikasi sudah terinstal, baik Stick Mount atau Total Commander (tergantung HP sudah di Root atau belum), maka selanjutnya Sobat bisa download aplikasi USB Plugin yang juga bisa didapatkan lewat Play Store.

9. Notifikasi BBM Tidak Masuk dan BBM Selalu Menutup Sendiri di Xiaomi Redmi Note 3 Pro

Untuk mengatasi masalah notifikasi BBM tidak muncul di Xiaomi Redmi Note 3 Pro, Sobat bisa masuk ke Security > pilih Permission > pilih Autostart. Scroll layar sampai Sobat menemukan aplikasi BBM. Silahkan Sobat nyalakan fungsi dari Autostart BBM dengan mengubah tandanya. Dengan begitu, seharusnya notifikasi BBM sudah berjalan normal kembali dan BBM tidak terus menutup. Cara ini juga bisa dilakukan kalau aplikasi lainnya juga mengalami hal serupa.

10. Fingerprint Xiaomi Redmi Note 3 Pro Tidak Berfungsi

Sama seperti kebanyakan masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro lainnya, penyebab tidak berfungsinya fingerprint di Xiaomi Redmi Note 3 Pro adalah karena menggunakan ROM abal-abal. Untuk mengatasinya Sobat bisa flash ulang terlebih dahulu dan mengganti ROM Xiaomi menjadi ROM 7.2. tapi sebelumnya, Xiaomi Redmi Note 3 Pro Sobat harus di Unlock Bootloader terlebih dahulu karena Boot Loader Xiaomi memang di set dalam keadaan terkunci. Atau Sobat juga bisa menggunakan SP Flash Tools kalau Xiaomi tidak mau di Unlock. Untuk tutorialnya bisa Sobat ikuti di halaman berikut.

Nah itulah masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro yang biasanya sering menjadi keluhan pengguna Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Kalau Sobat masih belum puas dan belum yakin akan  informasi yang TeknoSoul sampaikan ini, maka Sobat bisa mengunjungi forum resmi Xiaomi http://en.miui.com atau http://miui.web.id untuk mendapatkan jawaban yang lebih terperinci dari pakar-pakar yang ada di sana. Semoga tips dan trik Xiaomi kali ini bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • masalah xiaomi redmi note 3 pro
  • masalah pada xiaomi redmi note 3 pro
  • masalah pada xiaomi redmi note 3
  • keluhan pengguna xiaomi redmi note 3 pro
  • masalah xiaomi redmi 3 pro
  • keluhan pengguna xiaomi
  • masalah xiaomi redmi note 3
  • masalah pada xiaomi redmi 3 pro
  • keluhan xiaomi redmi note 3 pro
  • masalah redmi note 3 pro
10 Masalah Xiaomi Redmi Note 3 Pro Yang Sering Dikeluhkan dan Cara Mengatasinya | ikbal fauzi | 4.5