Cara Isi E Toll di ATM Mandiri, SMS Banking, Indomaret dan Alfamart

Cara Isi E Toll di ATM Mandiri, SMS Banking, Indomaret dan Alfamart – Kesempatan kali ini TeknoSoul akan membagikan tips kepada Sobat tentang cara isi E Toll yang bisa dilakukan lewat ATM Mandiri menggunakan kartu ATM BRI, BNI, BCA atau juga di Indomaret serta Alfamart. Kenapa? karena saat ini pemerintah Indonesia sudah membuat kebijakan untuk menghapus sistem pembayaran tunai di jalan tol dan beralih menggunakan E-Toll yang kabarnya mulai berlaku di tahun 2017 ini.

Bagi orang-orang yang sudah terbiasa menggunakan E Toll pastinya tidak bingung lagi untuk mengisi ulang E Toll mereka, tapi untuk orang yang sudah terbiasa menggunakan sistem pembayaran tunai saat melewati jalan tol dan harus beralih menggunakan E Toll mungkin akan sedikit bingung ketika saldo E Toll mereka habis.

Cara Isi E Toll

Advertisement

Kartu E Toll sendiri dikeluarkan oleh bank Mandiri, oleh karenanya Sobat hanya bisa melakukan isi ulang atau top up saldo lewat gerai ATM Mandiri saja, meskipun untuk pembayarannya Sobat bisa menggunakan semua kartu ATM berlogo ATM Bersama seperti BRI, BNI, BCA, dan lain sebagainya. Hal ini dikarenakan reader atau alat pemindai kartu hanya ada di mesin ATM Mandiri. Nah, kalau kebetulan Sobat saat ini juga bingung mengenai cara isi E Toll, silahkan simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

1. Cara Isi E Toll di ATM Mandiri

  • Cara Pertama

Untuk cara isi e toll di ATM Mandiri ini bisa Sobat lakukan di semua ATM Mandiri selama pada mesin ATM tersebut terdapat reader berwarna kuning bertanda “isi ulang”. Alat reader tersebut biasanya berada di bawah lubang untuk memasukkan kartu. Untuk lebih lengkapnya mengenai cara isi ulang E Toll silahkan Sobat simak di bawah ini.

  1. Pertama, silahkan masukkan kartu ATM Bersama punya Sobat entah itu bank BRI, BNI, BCA, dan lainnya.
  2. Silahkan masukkan PIN ATM Bersama.
  3. Nantinya akan muncul banyak menu, silahkan Sobat pilih menu “Transaksi Lainnya”.
  4. Selanjutnya Sobat pilih “Mandiri Prabayar”.
  5. Silahkan Sobat pilih nominal isi ulang yang tersedia atau pilih jumlah lainnya kalau Sobat ingin memasukkan jumlah lain.
  6. Kemudian konfirmasikan ulang jumlah nominal isi ulang yang Sobat masukkan, setelah itu tekan “Ya”.
  7. Selanjutnya Sobat tempelkan kartu E Toll pada reader berwarna kuning bertuliskan “Isi Ulang Mandiri Prabayar” yang terletak di sebelah bawah lubang untuk memasukkan kartu.
  8. Tunggu sebentar dan transaksi sudah selesai. Silahkan Sobat simpan struk transaksi sebagai bukti.

Untuk nominal isi ulang E Toll sendiri tidak ada batasan minimum, walaupun sudah tersedia nominal dari mulai Rp 50.000 sampai Rp 300.000 pada layar, namun Sobat tetap bisa isi ulang dengan nominal berapapun yang diinginkan asal dibawah Rp 1 juta. Nah, buat Sobat pengguna ATM Bersama seperti bank BRI, BCA, BNI, maupun bank lainnya dan melakukan isi saldo atau top up E Toll di ATM Mandiri akan dikenakan biaya admin sebesar Rp 5.000 per transaksi.

Baca Juga: Cara Isi TCash Lewat ATM BCA, Mandiri, BRI, BNI, Internet Banking, Indomaret

  • Cara Kedua

Untuk yang kedua ini, cara isi ulang e-money di ATM Mandiri ini sedikit berbeda dengan cara yang pertama. Dan biasanya, cara ini untuk Sobat pemilik kartu ATM Mandiri yang ingin mengisi E Toll di ATM Mandiri juga.

  1. Pertama silahkan Sobat masukkan kartu ATM Mandiri.
  2. Masukkan 6 digit PIN kartu ATM Mandiri Sobat.
  3. Selanjutnya Sobat pilih menu “Uang Elektronik” untuk mengisi kartu E Toll atau E Money.
  4. Kemudian Sobat pilih menu “Mandiri E-Money”.
  5. Setelah itu pilih menu “Top Up”.
  6. Nantinya akan ada daftar nominal saldo yang bisa Sobat pilih dari yang terkecil Rp 50.000 sampai Rp 500.000. Silahkan Sobat pilih nominal saldo yang diinginkan. Atau, kalau Sobat menginginkan nominal saldo yang berbeda dari pilihan tersebut, silahkan pilih menu “Jumlah Lainnya” dan masukkan saldo yang diinginkan.
  7. Nanti akan muncul perintah “Tempelkan Kartu Prabayar Anda”. Silahkan Sobat tempel atau letakkan kartu E Toll atau E-Money pada reader berwarna kuning yang tersedia.
  8. Setelah kartu terdeteksi akan muncul notifikasi konfirmasi pembelian yang berisi nomor kartu E Toll, jumlah saldo yang Sobat beli dan totalnya. Kalau sudah yakin pilih saja “Ya”.
  9. Tunggu beberapa saat sampai proses pengisian ulang kartu E Toll selesai yang akan ditandai dengan keluarnya struk transaksi.

2. Cara Isi Ulang E Toll Card Via Mobile Banking/SMS Banking

Selanjutnya adalah cara isi ulang E Toll menggunakan layanan SMS Banking Mandiri. Untuk cara ini, Sobat harus mengetik SMS dengan format tertentu untuk bisa melakukan melakukan top up kartu E Toll. Untuk cara lengkapnya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan Sobat ketik SMS dengan format: ISI(spasi)PRE(spasi)Index Rekening(spasi)No Kartu(spasi)Nominal. Sebagai contoh ISI PRE 1 1234567898765432 50000. Setelah itu silahkan kirim SMS tersebut ke 3355.
  2. Kemudian silahkan Sobat balas SMS dengan 2 digit PIN SMS Banking Mandiri sesuai dengan urutan yang diminta.
  3. Langkah terakhir tinggal Sobat tunggu notifikasi yang menyebutkan transaksi pembayaran atau isi ulang E Toll lewat SMS Banking sudah berhasil.

Nah, setelah tiga tahapan tersebut selesai, ternyata masih ada satu tahapan lagi yakni melakukan update saldo lewat mesin ATM Mandiri. Untuk caranya adalah sebagai berikut:

  1. Pertama masukkan kartu ATM Mandiri beserta PIN.
  2. Kemudian tekan tombol berwarna hijau atau yang bertuliskan “Accept”.
  3. Terakhir pilih “E-Money” lalu pilih “Update Saldo”.

Untuk cara isi ulang E Toll card via mobile banking atau e-banking Mandiri ini memang agak ribet Sob, karena Sobat harus melakukan dua kali tahapan, yakni terlebih dahulu mengirim SMS lalu melakukan update saldo secara manual di mesin ATM Mandiri.

3. Cara Isi Ulang E Toll Card Di Indomaret dan Alfamart

Kemudian yang terakhir adalah cara isi ulang E Toll card di Indomaret dan Alfamart. Untuk cara yang satu ini terbilang sangat gampang Sob, lantaran Sobat tidak perlu repot-repot melakukannya sendiri karena akan dibantu oleh kasir. Sobat cukup memberikan kartu E Toll atau bisa juga kartu E Money, Indomaret Card maupun yang lainnya kepada kasir serta beritahukan nominal yang Sobat inginkan.

Nantinya kasir akan memproses kartu E Toll Sobat lewat mesin EDC yang ada. Setelah transaksi berhasil,  maka akan keluar struk transaksi dari mesin EDC dan Sobat tinggal menyerahkan uang pembayaran pada kasir. Kalau Sobat isi ulang E Toll di Alfamart pun caranya sama persis. Gimana Sob, gampang banget kan cara isi ulang e toll card di indomaret dan Alfamart?

Demikian ulasan singkat kali ini tentang cara isi E Toll di ATM Mandiri, Indomaret dan Alfamart maupun lewat SMS Banking yang bisa Sobat pilih sesuai keinginan apabila saldo E Toll Sobat sudah mulai habis. Untuk jenis kartu E Toll nya pun beragam Sob, bisa E Toll, E-Money atau juga kartu Indomaret Card. Dengan ulasan ini mudah-mudahan bisa membantu Sobat yang mungkin baru pertama kali menggunakan E Toll karena sebelumnya lebih sering atau terbiasa melakukan transaksi tunai jika melewati jalan tol. Semoga bisa bermanfaat dan sampai jumpa di pembahasan selanjutnya. Chao!

Cara Isi E Toll di ATM Mandiri, SMS Banking, Indomaret dan Alfamart | ikbal fauzi | 4.5