Cara Mengetahui WA Disadap Atau Tidak Serta Cara Mengatasinya

Cara Mengetahui WA Disadap Atau Tidak Serta Cara Mengatasinya – Sebagai aplikasi pesan terpopuler, WhatsApp tentu memiliki jutaan pengguna aktif di seluruh dunia. Dan dari jutaan pengguna tersebut pastinya ada yang merasa bahwa WA mereka disadap oleh seseorang karena suatu hal, bisa oleh pacar, suami, istri, bahkan polisi. Ya, dampak dari makin menjamurnya teknologi memang secara tidak langsung berdampak pada WhatsApp yaitu memungkinkan disadap oleh orang lain.

Sebenarnya ada beberapa trik yang bisa dicoba perihal cara mengetahui WA disadap atau tidak dimana cara tersebut terbilang sangat mudah namun efektif. Dan tidak hanya WhatsApp saja, cara mengetahui HP kita disadap atau tidak pun bisa dilakukan lewat cara ini karena memang cara yang digunakan masih saling berhubungan.

WA Disadap

Advertisement

Cara Mengetahui WA Kita Disadap atau Tidak Serta Cara Mengatasinya

Kalau Sobat memiliki pacar atau pasangan yang posesif yang seringkali ingin mengetahui WA pacar, dalam kasus ini Sobat, maka tidak ada salahnya mengaplikasikan cara ini untuk memastikan apakah pacar ataupun suami/istri Sobat benar-benar melakukan hal tersebut atau tidak.

  1. Terdapat Aplikasi Mencurigakan

Salah satu hal yang bisa Sobat lakukan untuk mengetahui WhatsApp disadap atau tidak adalah dengan memperhatikan apakah ada aplikasi yang mencurigakan terinstall pada HP Sobat. Kalau Sobat tidak pernah merasa menginstall aplikasi mencurigakan tersebut, maka bisa jadi ada seseorang yang dengan sengaja menginstall aplikasi tadi ke HP Sobat dalam hal ini dengan maksud untuk menyadap WA Sobat.

Saat ini memang sudah banyak aplikasi yang dipergunakan untuk menyadap WA. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain Smartphone Logs, Phone Backup, dan aplikasi sejenis lainnya. Nah, jika Sobat menemukan salah satu aplikasi-aplikasi tersebut pada HP Sobat, maka besar kemungkinan ada seseorang yang ingin menyadap WA Sobat.

Jadi, jika Sobat ingin mengetahui cara mengetahui wa disadap jarak jauh, tinggal Sobat teliti saja apakah pada ponsel Sobat terdapat deretan aplikasi tersebut atau tidak. Karena aplikasi-aplikasi tersebut memang dirancang untuk memata-matai ponsel orang lain dari jarak yang sangat jauh.

  1. Tiba-tiba Chat Sudah Terbaca Padahal Belum Dibaca

WhatsApp memang menyelipkan sebuah fitur yang khas jika ada seseorang yang mengirimkan chat baru kepada Sobat. Hal itu adalah adanya sebuah angka yang terletak disamping tulisan chat baru yang masuk. Angka tersebut pun beragam, bisa 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya tergantung berapa jumlah chat yang dikirimkan seseorang pada Sobat.

Nah, jika Sobat tidak menemukan angka-angka itu pada saat seseorang mengirimkan sebuah pesan baru, padahal dari tanggal dan jam yang ditampilkan Sobat yakin betul chat tersebut baru dan belum pernah dibuka, maka dapat dipastikan WA Sobat disadap oleh seseorang. Cara mengetahui chat wa disadap juga bisa menggunakan trik ini.

  1. Aplikasi WA Berjalan Dengan Sendirinya

Saat sebuah aplikasi tidak sedang digunakan, maka lazimnya aplikasi itu tidak menampakkan respon apapun karena memang tidak sedang Sobat operasikan. Tapi, apa yang terjadi jika aplikasi di HP Sobat, dalam hal ini WhatsApp, beroperasi secara sendiri yaitu membuka, menutup, bahkan membuka chat-chat yang ada dimana Sobat menyentuh HP pun tidak?

Hal ini bukan menandakan adanya error pada aplikasi atau bahkan system touchscreen di HP Sobat. Hal tersebut bisa jadi ada seseorang yang sedang menyadap serta mengoperasikan ponsel Sobat dari jarak jauh untuk mengetahui aktivitas yang Sobat lakukan via HP, dalam hal ini chat-chat atau telpon yang keluar masuk pada WA. Kalau sudah ada tanda-tanda seperti itu, maka besar kemungkinan WA kita dibajak orang.

Baca Juga: Cara Menyadap HP WhatsApp, BBM, SMS, Telepon Pacar, Pasangan Atau Orang Lain Jarak Jauh Lewat Internet

Cara Mengatasi WA Disadap

Setelah Sobat mendapat gambaran tentang tanda-tanda WA yang disadap, sekarang mari kita bahas tentang cara menghentikan WA yg disadap agar privasi Sobat bisa lebih terjaga.

  1. Hapus Aplikasi Yang Mencurigakan

Pada poin pertama pada pembahasan cara mengetahui WA disadap diatas sudah dijelaskan, bahwa cara menyadap WA adalah salah satunya menggunakan aplikasi tambahan dimana aplikasi tersebut harus terlebih dahulu terinstall pada HP si korban.

Nah, jika Sobat adalah salah satu korban yang disadap WA nya entah itu oleh pacar atau suami/istri, maka salah satu cara mengamankan whatsapp agar tidak disadap adalah tentu saja dengan menghapus aplikasi-aplikasi mencurigakan yang Sobat tidak pernah merasa menginstallnya. Jadi, silahkan Sobat teliti daftar aplikasi yang terinstall, siapa tau ada aplikasi penyadap yang tersembunyi di HP Sobat.

  1. Logout Akun WhatsApp Dari Berbagai Perangkat

Saat ini WhatsApp memang tidak hanya bisa diinstal pada ponsel saja, melainkan juga bisa diinstall pada perangkat laptop atau PC melalui aplikasi WhatsApp Web. Nah, kalau Sobat curiga ada yang menyadap WA milik Sobat namun Sobat yakin tidak ada aplikasi mencurigakan yang terinstall pada HP, ada kemungkinan WA Sobat disadap menggunakan WhatsApp Web.

Sebenarnya cara mengetahui wa disadap pakai whatsapp web terbilang sulit Karena tanda-tandanya tidak terlihat secara signifikan, dimana Sobat harus mengeceknya langsung pada aplikasi WhatsApp Sobat.

Nah, untuk cara mengetahui wa kita dibajak orang mengguanakan WhatsApp Web adalah dengan masuk ke aplikasi WA Sobat kemudian pilih tanda tiga titik yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu pilih WhatsApp Webb. Jika yang muncul adalah tampilan komputer yang sedang aktif, maka itu berarti ada yang menyadap WA Sobat menggunakan WhatsApp Web. Jika sudah begitu, maka Sobat harus segera memilih pilihan “Keluar Dari Semua Komputer” agar WA Sobat tidak lagi terbaca oleh orang lain.

Akan tetapi, jika pada saat memilih pilihan WhatsApp Web lalu yang kemudian muncul adalah perintah untuk men-scan QR Code, maka itu berarti WA Sobat aman dari tangan orang-orang yang ingin memata-matai WA milik Sobat.

  1. Install Aplikasi Pengunci

Cara menghentikan wa yg disadap selanjutnya adalah dengan menginstall aplikasi untuk mengunci aplikasi. Saat ini sudah banyak sekali aplikasi pengunci yang bisa Sobat dapatkan dengan mudah baik itu di Google Play Store maupun App Store. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain App Lock, LOCKit, Smart App Lock dan masih banyak lagi.

Dengan menginstall aplikasi pengunci tersebut tentunya akan menghambat orang-orang yang punya niatan untuk menyadap WA Sobat. Dengan begitu kegiatan penyadapan pun bisa lebih diminimalisir. Cara mengunci wa supaya tidak disadap ini juga tentunya dapat dengan mudah Sobat lakukan dan juga tidak butuh waktu banyak.

  1. Gunakan Fitur Two-Step Verification

Bukan tanpa alasan fitur Two-Step Verification diciptakan. Tujuan pihak WA menghadirkan fitur ini adalah tentu saja untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti ini, yaitu penyadapan. Fitur ini akan menyuruh Sobat untuk memasukkan nomor pin setiap kali Sobat melakukan registrasi ke akun milik Sobat. Karena tidak jarang banyak pelaku penyadapan yang melakukan registrasi ulang menggunakan nomor WA korban untuk bisa membuka akun si korban.

Selain itu, fitur ini juga berguna untuk mencegah seseorang menyadap WA Sobat lewat aplikasi WhatsApp Web. Untuk bisa menggunakan fitur ini Sobat cukup pilih tanda tiga titik yang ada pada pojok kanan atas > pilih Setelan > pilih Akun > kemudian pilih Two-Step Verification atau Verifikasi Dua Langkah. Selanjutnya pilih aktifkan dan masukkan 6 digit pin serta masukkan e-mail sebagai langkah pemulihan.

  1. Gunakan Aplikasi Anti Spy

Cara mengamankan WhatsApp agar tidak disadap yang lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi Anti Spy. Cara kerja aplikasi ini adalah dengan terlebih dahulu men-scan daftar aplikasi-aplikasi yang sudah terinstall pada HP Sobat lalu kemudian memisahkan mana saja aplikasi yang aman dan aplikasi yang tergolong aplikasi penyadap. Setelah aplikasi Anti Spy menemukan aplikasi mencurigakan yang dimaksud, Sobat bisa langsung meng-uninstall aplikasi mencurigakan tersebut.

Saat ini ada beberapa aplikasi Anti Spy yang cukup rekomended yang bisa Sobat gunakan untuk lebih mengamankan WhatsApp Sobat. Aplikasi tersebut ialah aplikasi Anti Spy Mobile, Anti Spy Detector dan juga Spy Mobile Remover.

Cara Mengetahui HP Disadap Serta Mengatasinya

Setelah sebelumnya mengupas cara mengetahui WhatsApp disadap atau tidak, sekarang kita bahas yang cakupannya lebih luas yaitu cara mengetahui hp kita disadap atau tidak.

HP DIsadap

  1. HP Jadi Cepat Panas

Ciri-ciri pertama yang bisa terlihat ketika ponsel Sobat disadap adalah HP menjadi cepat panas meskipun tidak digunakan dengan berlebihan. Hal ini karena saat HP disadap, HP akan bekerja secara terus menerus untuk mengirimkan berbagai data atau sinyal kepada perangkat si penyadap. Berbeda saat HP Sobat tidak dalam keadaan disadap, HP hanya akan bekerja ketika Sobat menggunakannya saja. Akibatnya, ponsel akan menjadi cepat panas karena terus menerus bekerja tanpa henti.

  1. Baterai Cepat Habis

Hal ini masih berkaitan dengan poin pertama. HP yang disadap otomatis akan terus menerus mengirimkan data maupun sinyal kepada perangkat si penyadap. Jika sudah demikian ponsel akan dipaksa terus menerus bekerja yang mengakibatkan baterai jadi cepat habis. Hal ini tentu mendapat pengecualian jika ponsel Sobat merupakan ponsel yang masih tergolong baru ataupun ponsel yang kondisi baterainya masih sangat baik.

Selain baterai yang menjadi sangat boros, kuota internet yang lebih cepat habis dan juga performa ponsel yang lebih lemot dari biasanya juga bisa jadi karena ada seseorang yang mencoba untuk menyadap ponsel Sobat.

  1. Ada Aplikasi Penyadap

Poin selanjutnya mengenai cara mengetahui hp kita disadap atau tidak adalah dengan mengidentifikasi apakah ada aplikasi-aplikasi yang mencurigakan pada HP Sobat. Hal ini sama seperti yang ada pada poin sebelumnya tentang cara untuk mengetahui WA disadap. Jika Sobat menemukan hal demikian, cara mengatasinya adalah segera hapus aplikasi-aplikasi tersebut untuk menghentikan HP yang disadap.

  1. Muncul Suara-suara Aneh Saat Melakukan Telpon

Apa Sobat sering mendengar suara-suara aneh ketika sedang melakukan panggilan telpon seperti adanya suara orang lain yang ikut tertangkap, suara dengungan Panjang maupun suara-suara aneh lainnya? Jika iya, maka ada kemungkinan HP Sobat sedang disadap. Adanya suara-suara tersebut kemungkinan karena pada saat Sobat melakukan panggilan telpon, si penyadap yang sedang mendengarkan pembicaraan Sobat tidak sengaja mengeluarkan suara-suara, sehingga suara tersebut juga terdengar pada HP Sobat.

  1. Panggilan Telpon Sering Terputus

Poin sebelumnya tentang cara mengetahui HP disadap adalah cobalah perhatikan apakah Sobat sering mengalami masasalah telpon terputus saat melakukan panggilan, padahal sinyal HP Sobat dan sinyal si penerima telfon dalam keadaan baik. Jika iya, maka kemungkinan ada seseorang yang dengan sengaja memutus komunikasi Sobat tersebut.

  1. Cek Dengan Kode

 

Untuk mengetahui HP disadap atau tidak adalah kabarnya dengan menggunakan bantuan kode rahasia. Caranya adalah dengan melakukan dial ke nomor *#21# kemudian klik “OK” atau “Call”. Atau bisa juga ke nomor *#61#. Jika nantinya muncul notifikasi “Not Forwarding” atau “Tidak Diteruskan” baik itu pada suara, data, faks, sms, panggilan, maupun yang lainnya, itu berarti HP Sobat tidak dalam keadaan sedang disadap.

mengetahui hp disadap

Lalu bagaimana jika yang muncul malah notifikasi “Forwarding” yang menandakan HP Sobat kemungkinan sedang disadap? Caranya adalah dengan dengan kembali melakukan dial ke nomor ##02# kemudian “OK” atau “Call”. Nantinya ponsel akan menghapus segala hal yang dalam keadaan “Forwarding” tadi.

Cara Menghentikan HP yang Disadap

Diatas adalah 6 trik yang bisa Sobat gunakan untuk mengetahui apakah saat ini ponsel Sobat sedang disadap oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab atau tidak. Lalu, bagaimana cara mengatasi HP yang disadap tersebut?

Pada masing-masing poin diatas (Cara Mengetahui HP yang Disadap) kami sudah memberikan jalan keluar seandainya HP Sobat mengalami tanda-tanda tersebut. Namun, ada solusi lainnya yang juga bisa ditempuh untuk mengatasi penyadapan tersebut. Cara tersebut adalah dengan melakukan hard reset pada ponsel Sobat.

Dengan melakukan reset pada perangkat ponsel milik Sobat, segala aplikasi sampai pengaturan tentu akan kembali seperti keadaan semula. Dengan kata lain ponsel Sobat akan kembali seperti baru seperti saat pertama kali digunakan. Jika sudah begitu maka jika ada seseorang yang melakukan penyadapan dengan menggunakan aplikasi yang mana aplikasi sadap tersebut tidak bisa di hapus oleh Sobat dengan cara biasa, maka cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan hard reset atau factory reset.

Sobat, demikian tadi mengenai cara mengetahui wa kita disadap serta trik tentang cara mengetahui hp kita disadap berikut dengan cara mengatasinya. Sobat bisa mengaplikasikan cara-cara diatas apabila memang saat ini Sobat sedang mengalami hal tersebut atau juga untuk berjaga-jaga siapa tau hal tersebut terjadi pada Sobat suatu saat nanti.

Semoga ulasan dari kami ini bisa bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan menarik lainnya.

Incoming search terms:

  • cari tau wa disadap
  • cara melihat wa disadap apa tidak
  • cara mengetahui wa disadap jarak jauh
  • cara mengetahui wa kita disadap
  • cqtlra tau wa disadap
  • cara mengetahui wa kita dibajak orang
  • cara mengetahui wa yang disadab
  • cara mengetahui wa disadap atau tidak
  • cara mengetahui wa disadap
  • tanda tanda wa d sadap
Cara Mengetahui WA Disadap Atau Tidak Serta Cara Mengatasinya | ikbal fauzi | 4.5